Bupati Anne Lantik 1.220 Anggota BPD Se – Purwakarta Periode 2019 – 2025

Pemda Purwakarta
Purwakarta,ZuritNews.Com – Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melantik 1.220 Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) 2019 – 2025 berasal dari 183 desa pada 17 kecamatan di Kabupaten Purwakarta.
Dalam sambutannya Anne menyatakan bahwa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) atau yang bisa disebut dengan Bamusdes, harus mampu bersinergi dengan Kepala Desa, terlebih BPD merupakan perwakilan dari masyarakat Desa yang merupakan bagian dari demokrasi di Desa.
“BPD yang dilantik ini merupakan perwakilan dari masyarakat Desa bagian dari berdemokrasi masyarakat desa, sehingga perlu adanya sinergitas dalam pembangunan termasuk rancangan pembangunan desa serta peraturan desa,” ujar Anne dalam sambutan di Pelantikan Badan Musyawarah Desa Se- Purwakarta 2019-2025, di Bale Sawala Yudistira, Purwakarta. Jumat (1/3/2019).
Dengan adanya Bamusdes sendiri, mantan mojang Purwakarta 1999 tersebut, mengatakan bagian dari pengembangan partisipasi dan keaktifan masyarakat dalam membangun desa.  Selain itu adanya beberapa masalah yang kadang terjadi dalam pemerintahan desa baik antara kepala desa dan BPD harus bisa diselesaikan dengan mandiri.
“Perannya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat desa, misalnya ada masalah kan bisa diselesaikan secara mandiri, mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan Desa, karena bisa mendorong aspek sosial dan aspek ekonomi,” ujar Anne.
BPD  dan Kepala Desa, harus terdepan dalam pembangunan masyarakat Desa. Dirinya mengingatkan pentingnya menjaga harmonisasi dalam menjalan tugas dan fungsinya di masyarakat, karena bertujuan sebagai bentuk pelayanan kemasyarakatan.
“Secara umum dapat membahas rancangan pembangunan, pengawasan desa, menampung dan merumuskan aspirasi masyarakat. Bekerjalah dan laksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tuturnya.
Selain membangun sinergitas, apalagi memasuki pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019, Anne meminta baik BPD maupun Kepala Desa bersinergi untuk menjaga kondusifitas di wilayahnya masing – masing.
“Sebentar lagi kita menghadapi pesta demokrasi, peran BPD dan Kepala Desa dalam menjaga ketentraman dan keamanan harus tetap terjaga serta kondusif di wilayahnya masing – masing,”. Ucapnya.
Pelantikan anggota BPD dibagi dalam dua gelombang.  Gelombang pertama sebanyak 560 Anggota BPD yang berasal dari Kecamatan Purwakarta, Campaka, Cibatu, Bungursari, Jatiluhur, Pasawahan, Pondoksalam, Babakan Cikao dan Sukatani dan pada gelombang kedua sebanyak 660 Anggota BPD dari Kecamatan Kiarapedes, Wanayasa, Bojong, Darangdan, Plered, Tegalwaru, Maniis dan Sukasari menyusul dilantik. (DH)