Bupati; Himbau Situasi Covid 19, Ketua RT/RW Agar Mencatat Para Pendatang Yang Lolos Mudik, Wajib Isolasi Selama 5 Hari & Dipantau Petugas

Pemda Sumedang

Sumedang,Zuritnews.com – Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir memberikan pembinaan kepada para Ketua RT/RW di lingkungan kelurahan se-Kecamatan Sumedang Selatan, Senin (10/5).

Dalam arahannya Bupati mengatakan, pengurus RT/RW diharapkan mampu memberdayakan serta meningkatkan keswadayaan dan kegotongroyongan di lingkungannya yang saat ini sudah mulai hilang.

“Jadi saya meminta kepada aparat pemerintah setempat, khususnya para Ketua RT dan RW, agar menumbuhkan kembali keswadayaan, kegotongroyongan dan keberdayaan masyarakat, terutama dalam pengentasan kemiskinan serta menyelesaikan persoalan yang terjadi,” ucapnya.

Baca Juga :  Pemkab Purwakarta Lakukan Penguatan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Menurut Bupati, Ketua RT/RW merupakan garda paling depan dalam segala bentuk pembangunan di lingkungannya masing-masing.
“Bahkan saat ini ada Perda baru tentang RT/RW. Bagaimana RT/RW menjadi basis utama pada pembangunan kita. Berarti RT/RW harus mampu mengajak masyarakat supaya betul-betul berpartisipasi aktif dalam pembangunan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, pemerintah saat ini telah memberikan perhatian khusus kepada Ketua RT/RW melalui pemberian insentif dan jaminan kesehatan.
“Itulah bagian dari perhatian pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan RT/RW yang telah mengabdi untuk pembangunan lingkungannya masing-masing,” imbuhnya.

Baca Juga :  Dampak Positif Program PTSL untuk Pengelolaan Aset

Menghadapi perayaan Idul Fitri 1442 H yang masih dalam situasi pandemi Covid-19, Bupati mengimbau Ketua RT/RW agar mencatat para pendatang yang lolos mudik.
“Para pendatang yang datang ke lingkungannya  wajib isolasi selama 5 hari dan dipantau oleh petugas,” pungkasnya. (H Deden S/DH)