Diskominfo Dorong Peningkatan Kapasitas Jurnalis Purwakarta

Purwakarta

                               Diskominfo Dorong Peningkatan Kapasitas 
                                      Jurnalis Purwakarta

Purwakarta,ZuritNews – Gandeng Dewan Pers dan PWI serta sejumlah organisasi wartawan lainnya seperti FOKUS JP, IWO, KJP, IJTI dan FORKOWAP. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta gelar seminar Peningkatan Kapasitas Jurnalis 2019, di Aula Janaka, Komplek Pemkab Purwakarta, Jumat (5/4/2019).

Ketua Panitia Peningkatan Kapasitas Jurnalis 2019, Dicky Zulkifly mengatakan kegiatan seminar ini dirangkai dengan agenda Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Purwakarta Tahun 2019 yang akan dilakukan selama dua hari kedepan 6-7 April 2019.

“Untuk uji kompetensinya, dimulai besok. Kita geser di tempat yang berbeda, di Aula Disporaparbud, selama dua hari,” kata Dicky.

Menurutnya, selain puluhan pewarta di Purwakarta. Panitia juga mengundang sejumlah perwakilan dari organisasi kemasiswaan, yang konsen didunia jurnalistik. “Pers Mahasiswa juga kita undang. Baik dari BEM maupun dari organisasi ekstra kampus,” ujarnya.

Sementara itu, mewakili Bupati Purwakarta, dalam sambutannya Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Purwakarta, Siti Ida Hamidah mengatakan, peran strategis wartawan harus diimbangi juga dengan peningkatan kapasitas para jurnalis tersebut.

“Tak hanya sekedar mitra kerja, bagi jajaran Diskominfo Purwakarta, wartawan adalah sahabat. Sahabat yang bersama-sama memberikan informasi yang baik dan benar untuk masyarakat,” kata Ida.

Kedepan, Ida berharap uji kompetensi dan peningkatan kapasitas wartawan di Purwakarta bisa sejalan dengan peningkatan kualitas informasi yang dihasilkan.

“Harus dipastikan, kedepan di Purwakarta, tidak ada berita hoax lagi. Kode etik jurnalistik hendaknya menjadi patokan para insan pers dalam melaksanakan tugasnya,” tuturnya.

Diketahui, seminar dilanjutkan dengan agenda diskusi dengan sejumlah narasumber diantaranya Ketua Bidang Pendidikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, Yus Hermansyah, Ketua Bidang Advokasi PWI Jawa Barat, Agus Dinar dan Ketua PWI Purwakarta, Asep Yadi Sobana.(DH)