DISPORAPARBUD Purwakarta, Menyelenggarakan, “Peningkatan Kapasitas Pelaku Wisata & Pelatihan Pengelolaan Homestay “

Pariwisata Purwakarta

Purwakarta, Zuritnews – Dinas Kepemudaan Olah Raga Pariwisata & Kebudayaan (DISPORAPARBUD) Kabupaten Purwakarta, menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata, dan Pelatihan Pengelola Homestay Tahun 2020 dengan peserta se-Kabupaten Purwakarta.

Kegiatan peningkatan kapasitas pelaku wisata yang ada di Purwakarta, Kepala (DISPORAPARBUD) Kabupaten Purwakarta, Agus melalui Kabid Pariwisata Irfan suryana S.Sos, dan Kasi Pemasaran Pariwisata, Fadlie SE, mengadakan kegiatan pelatihan tata kelola destinasi wisata dan pelatihan homestay yang dilaksanakan selama 2 Hari. Tanggal 26 – 27 Oktober 2020 bertempat Hidden Valey Hill dan Kawasan Istora Jatiluhur Valey & Resort Purwakarta. Selasa 27/10.

Baca Juga :  AJUKAN DIBUKA INTERCHANG CICADAS BBC DI TOL JAPEK 2, PEMKAB PURWAKARTA
PESERTA PELATIHAN HOMESTAY BERJUMLAH 40 ORANG.

Kasi Pemasaran dan Pariwisaata, Fadlie SE mengacu pada Dasar Pelaksanaan Peraturan Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Pelayanan Kepariwisataan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Kabupaten Purwakarta.

Bahwa dalam rangka peningkatan kualitas tata kelola destinasi pariwisata dan kapasitas masyarakat pelaku usaha kepariwisataan guna perbaikan kualitas layanan pariwisata termasuk penyelenggaraan informasi kepariwisataan serta mendukung kelancaran penyenggaraan usaha daerah dibidang pelayanan kepariwisataan.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pelatihan tata kelola destinasi wisata dan pengelola homestay yaitu peserta dapat memahami divesrsifikasi produk dan dasar kepariwisataan mengetahui dan memahami pelayanan prima. Ucap Fadlie.

Baca Juga :  Banprop Desa Cilegong Direalisasikan Pembangunan Mushola & Gudang Desa + Kinerja Dan Bantuan Pos Yandu

Peserta Pelatihan diikuti oleh 40 Orang terdiri dari perwakilan kompepar dan pengelola destinasi wisata yang memiliki usaha homestay berada di wilayah Kecamatan, Bojong, Kiara Pedes, Tegal Waru dan Wanayasa.

Narasumber dan Materi yang disampaikan oleh Dinas Pariwisata & Kebuayaan Jawa Barat, Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung. Kriteria Homestay, Rumah Bersih & Peran Perempuan Dalam Pengembangan Desa Wisata, Pengelolaan Homestay, Pelayanan Prima, Sadar wisata. Narasumber Bidang Indrustri Pariwisata Profinsi Jawa Barat dan Analisis Usaha Jasa Pariwisata, BRM Puspo Wiryo Buwono SE.

Baca Juga :  Digitalk Webinar Series #3 Mudik & Silaturahmi Online Jelajahi Sumedang "Prospek Pariwisata Daerah di Era New Normal”

Panitia pelaksana kegiatan tetap melaksanakan protokol kesehatan menerapkan 3 M sesuai dengan anjuran Pemerintah Daerah dengan menyediakan beberapa tempat untuk mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker dan menyediakan hand Sanitizer. Pungkas Fadlie SE. (Daup H)