DLH. Purwakarta, Kurang Sigap Adanya Insiden Kerja Di Perusahaan South Pasifik Viscose Menyebabkan 3 Orang Koban.

Peristiwa Purwakarta

Purwakarta, ZuritNews – Insiden Kerja di dalam Pabrik terjadi di Perusahaan terkemuka di Kabupaten Purwakarta, PT South Pasifik Viscose/ Lenzing yang terletak di Desa Cicadas Kabupaten Purwakarta yang menyebabkan korban 3 Orang Pekerja . Senin 20/7.

Bagian Humas Perusahaan Widi Nugroho Sihab, STANDBY STATEMENT mengatakan, Ledakan terjadi pada sistem Kondensasi salah satu lini produksi pemintalan di pabrik Lenzing di Purwakarta, Indonesia.

Penyebab ledakan masih belum bisa dipastikan dan sedang dalam proses investigasi. Tiga orang cedera ringan, yang terdiri dari Satu orang pekerja dari kontraktor dan Dua orang karyawan. Ketiga orang terdampak sudah mendapat penanganan medis di klinik internal.

Dua dari mereka sudah diperbolehkan pulang ke rumah setelah pemeriksaan dan satu orang diberikan pemeriksaan medis untuk mengetahui kondisinya lebih lanjut. Saat ini Satu orang tersebut sudah diperbolehkan pulang sesuai keputusan Tim Medis.

Baca Juga :  Disdukcapil Purwakarta Berikan Pelayanan Terbaik

Bangunan terdampak ledakan tersebut kondisinya rusak, namun tidak membuat kerusakan di sekitarnya. Tidak ada dampak pada konstruksi lini produksi dan bangunan di sekitarnya.

Lini produksi pemintalan ( spinnning line ) segera dihentikan sesuai prosedur standar keamanan dan keselamatan kerja, sementara lokasi kejadian diisolasi.

Langkah-langkah pelaksanaan penyelamatan dan pencegahan bahaya telah langsung diimplementasikan bekerja sama dengan tim Pemadam Kebakaran dan tim pertolongan pertama perusahaan sesuai dengan prosedur pencegahan bahaya yang terstandar di lingkungan Lenzing AG.

Di Jelaskan juga  Widi “Kami menyampaikan keprihatinan dan berharap pemulihan cepat bagi yang terdampak, karena komitmen kami untuk selalu menjaga keselamatan setiap orang yang berada dan bekerja di areal pabrik”.

Baca Juga :  Menikmati Sore di Taman Maya Datar Purwakarta

Perusahaan akan mencari penyebab kejadian supaya apa yang terjadi tidak terulang di kemudian hari.“ Kejadian itu tidak berbahaya ke luar, seperti warga sekitar maupun lingkungan. Tim krisis di internal perusahaan dan dari kantor pusat Lenzing AG sedang mengurai penyebab kejadian.

Segera setelah ada informasi lebih lanjut akan disampaikan informasi terkini secara rinci. Ucap Widi Nugroho Sahib

Saat dikonfirmasi Dinas terkait Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purwakarta, Bidang Penataan Hukum Lukman lewat telepon seluler, Rabu tanggal 22/7 sekitar jam 11,22 WIB membenarkan adanya laporan telah terjadi insiden kerja yang menyebabkan adanya korban, tetapi belum ada langkah yang ditempuh ataupun mendatangi perusahaan untuk meminta keterangan tentang sejauh mana kejadian tersebut.

Baca Juga :  Kades Madturi : Salurkan BLT Tahap 1, Berjumlah 105 Penerima Sukses

Lukman, menyatakan rencana hari ini Rabu tgl 22/7 hendak mendatangi perusahaan tetapi tidak jadi dengan alasan pegawai pada melaksanakan kerja ke luar kota. ucap Lukman.(DH)