Hadapi Libur Lebaran, Disparbudpora Komitmen Dalam Pencegahan Covid-19, Lakukan Tes Rafid Antigen Pengelola Wisata & Pengunjung

Pariwisata Sumedang

Sumedang,Zuritnews.com – Dinas Parawisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang bekerjasama dengan pihak Dinkes mulai melakukan pengecekan tes rapid antigen di sejumlah lokasi wisata. Pelaksanaan tes rapid antigen diberlakukan untuk pengelola lokasi dan pengunjung wisata.

Upaya ini untuk menjaga rasa aman dan nyaman bagi pengunjung yang datang ke tempat wisata di Sumedang pada libur lebaran nanti.
Kepala Disparbudpora Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santosa menyebutkan, menghadapi lebaran, pihaknya telah membentuk satuan tugas covid-19 di tiap lokasi wisata. Tujuannya agar pengelola lokasi wisata dan juga pengunjung tetap memberlakukan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Kapolres Sumedang Eko Prasetyo berikan Pangkat pengabdian kepada anggota yang berpretasi.

 “Petugas satgas nantinya akan mengingatkan para pengunjung wisata untuk tetap mematuhi 5M. Ini upaya kami untuk komitmen dalam pencegahan covid-19 di Sumedang,” ujar Hari Tri Santosa, Minggu 9 Mei 2021.

Ia menekankan pengelola wisata untuk  menyediakan fasilitas pendukung prokes di lokasi wisata. Seperti thermo gun, tempat cuci tangan, hand sanitizer. Kemudian tetap memberlakukan jaga jarak fan membatasi kunjungan 50 persen dari kapasitas.

Hari menambahkan, agar pengelola kawasan wisata bisa mematuhi aturan dari pemerintah. Kemudian untuk masyarakat diimbau untuk tidak terlalu banyak aktivitas yang berpotensi kerumunan. Sehingga kemungkinan lonjakan pasien yang positif tidak terjadi dan menjaga Sumedang tetap zona kuning.

Baca Juga :  H Dony Ahmad Munir; Kabupaten Sumedang Peringkat Terbaik 1 Jawa Barat & 3 Tingkat Nasional Penurunan Angka Stunting

Hari juga menyebutkan, pihaknya telah melakukan penelusuran dan monitoring serta pengecekan rapid antigen di kawasan wisata Tanjungduriat pada Sabtu 8 Mei 2021. Pada pengecekan terhadap 100 orang terdiri dari pengelola dan pengunjung semuanya negatif.( H DEDEN S )