Manfaat & Efek Samping Makan Bawang Putih Mentah? Ini Jawabannya

Kesehatan Purwakarta

Zuritnews.Com –  Bawang Putih merupakan rempah-rempah yang umum digunakan di semua jenis masakan. Aroma dan rasanya yang kuat akan membuat masakan jadi lebih lezat.

Bawang putih sendiri mengandung banyak mineral penting seperti kalsium, zat besi, yodium, dan belerang yang bermanfaat dalam memerangi banyak penting seperti menurunkan tekanan darah dan kolesterol, melawan infeksi, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya dimasak, ada orang yang gemar makan bawang putih mentah. Dan ternyata menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, kebiasaan ini bisa menimbulkan efek samping berikut.

Melukai lever
Kelebihan konsumsi bawang putih mentah ternyata bisa melukai lever, salah satu organ tubuh yang paling vital. Salah satu gangguan yang bisa muncul adalah toksisitas lever.

Baca Juga :  Purwakarta Menerima Penghargaan dari Menteri Luar Nergeri Retno Marsudi

Diare
Diare bisa terjadi jika kamu makan bawang putih saat perut kosong. Bagi sebagian orang, bawang putih adalah makanan yang bisa menyebabkan konsumsi gas berlebih dan berakhir dengan diare.

Mual, muntah, atau mulas
Menurut National Cancer Institute, konsumsi bawang putih saat perut kosong juga bisa menyebabkan perut mulas, mual, dan muntah. Apalagi bagi kamu yang memiliki masalah dengan penyakit refluks gastroesophageal.

Pendarahan yang memburuk
Penelitian dari University of Maryland Medical Center mencatat bahwa seharusnya kamu tidak mengonsumsi bawang putih bersama dengan obat pengencer darah sebab bisa meningkatkan risiko pendarahan memburuk. Jadi mereka yang sedang mengonsumsi obat tersebut, sebaiknya tidak makan bawang mentah.

Baca Juga :  Conrad Surawijaya DPRD Purwakarta Partai NASDEM, Jaring Aspirasi Masyarakat Dalam Masa Reses

Masalah lambung
Mengonsumsi terlalu banyak bawang putih mentah bisa memiliki efek negatif pada kesehatan lambung. Batasi konsumsinya jika kamu bermasalah dengan lambung.

Penyebab pusing atau migrain
Konsumsi bawang putih mentah juga bisa menyebabkan pusing atau migrain, terutama bagi mereka yang menderita tekanan darah rendah.

Ruam
Bawang putih mengandung enzim yang disebut dengan alliin lyase yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit jika kamu mengonsumsinya berlebih.

Gangguan penglihatan
Asupan bawang putih mentah berlebih akan menyebabkan hyphema, suatu kondisi yang menyebabkan pendarahan di dalam ruang mata. Ruang mata adalah ruang antara kornea dan iris. Kondisi ini bisa menurunkan penglihatanmu.

Baca Juga :  Aliansi Kiansantang Menduga Proses Lelang PT BAGUS ABDI BANGSA, Ada Maen Mata & Cacat Demi Hukum

Mengganggu kehamilan
Ibu hamil disarankan untuk tidak makan bawang putih mentah berlebih sebab bisa mempengaruhi kondisi kehamilan. Sumber Merdeka.Com