Renovasi Pembangunan Hotel Pasanggrahan Selesai, Jasa Tirta II Gelar Syukuran

Peristiwa Purwakarta

Purwakarta,zuritnews – Jasa Tirta II menggelar Acara Syukuran Selesainya Pembangunan Hotel Pasanggrahan Jatiluhur dan Learning Center. Minggu, 13 Oktober 2019 di Kawasan Wisata Waduk Jatiluhur.

Dihadiri oleh Deputi ELKP Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Jajaran Direksi Jasa Tirta II, Wakapolres, Danramil, stakeholder terkait, dan para karyawan. 

Kesempatan ini Deputi Energi Logistik Kawasan dan Pariwisata (ELKP) Kementerian BUMN Edwin Hidayat, menurutnya setelah Hotel di Jatiluhur selesai dibangun, letaknya yang berdekatan dengan Waduk Jatiluhur yang bersih memberikan nilai lain yang bisa diterima masyarakat. Ucap Edwin H

Direktur Utama Jasa Tirta II U. Saefudin Noer menyampaikan saat ini Jasa Tirta II terus melakukan penataan dan optimalisasi aset negara di sekitar Bendungan Utama Ir. H. Djuanda di Jatiluhur Purwakarta Jawa Barat. 
“Penyelesaian renovasi Hotel dan pendirian Water & Renewable Energy Learning Center adalah salah satu bentuk inisiatif Jasa Tirta II untuk meningkatkan pendapatan melalui peningkatan usaha pariwisata “.

Baca Juga :  Dansektor 14 Citarum Harum Jalankan PP No.15/2018, Percepatan Pengendalian Pencemaran DAS

Hotel yang sebentar lagi akan diresmikan, merupakan salah satu fasilitas Kawasan Wisata Jatiluhur, selain dari fasilitas lainnya, berupa Bungalow, Hotel & Restoran Istora, Floating Resto, Jatiluhur Water Word (JWW), serta keindahan Waduk, Bendungan dan PLTA Ir. H. Djuanda.
“Hotel ini kita bangun sebagai bentuk optimalisasi pengelolaan lahan untuk mendukung kemajuan sektor Pariwisata di sekitar Waduk Jatiluhur. Setelah dibersihkan, waduk ini nampak indah sekali. Dengan berbagai fasilitas dan UMKM di sekitarnya, cocok dinikmati masyarakat sebagai sarana bermain bersama keluarga,”.

Tak hanya renovasi hotel, Jasa Tirta II juga telah selesai merenovasi Water & Renewable Energy Learning Center yang sejalan dengan salah satu strategi transformasi Jasa Tirta II yaitu peningkatan kompetensi Human Capital Jasa Tirta II, khususnya di bidang pengusahaan dan pengelolaan Sumber Daya Air serta Renewable Energy.

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Lakukan KUNKER ke - Disnaker, Terkait LKPJ 2019

Dengan adanya Water & Renewable Energy Learning Center di Kawasan Wisata Jatiluhur ini, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan tingkat hunian hotel dan bungalow pada periode weekday. Lokasi yang berdekatan dengan Kawasan Waduk menjadi tempat strategis untuk belajar mengenai pengelolaan air dan energi terbarukan. 
“Kami sedang melakukan transformasi di BUMN ini mulai dari membentuk kultur perusahaan, yang melayani, yang berkelanjutan dan selalu menciptakan peluang-peluang baru bagi usaha kami,”.

Saefudin ingin Jasa Tirta II bertransformasi dengan melihat sumber daya yang ada, seperti waduk sungai, tanah, aset, properti, wilayah pariwisata, dan air. Ia juga ingin membuat kultur baru, dengan menciptakan inovasi. Apalagi tiap potensi memiliki model dan proses bisnis yang berbeda-beda.
“Potensi pengusahaan yang manageable, profesional, dan komersial, akan banyak menghasilkan tambahan pendapatan bagi perusahaan. Maka menjaga konservasi lingkungan, kekeringan, manajemen banjir, konflik SDA, serta energi baru dan terbarukan menjadi lebih profesional sebagai perusahaan, bukan sebagai badan. Itu juga bisa membuka lapangan pekerjaan baru. Itu hope dan dream kami,” kata Saefudin Noer. (DH)

Baca Juga :  Komisi II dan Anggota Pansus DPRD Purwakarta, Melaksanakan Rapat Persiapan Pembentukan PERUMDA PDAM