Sejumlah Gereja Di Purwakarta; SOP Pencegahan Covid 19 & Protokol Kesehatan, Persiapkan Pelaksanaan Misa Natal Tahun 2020

Peristiwa Purwakarta

Zuritnews.com – Sejumlah Gereja yang bakal menggelar kegiatan keagamaan menyambut Natal di Kabupaten Purwakarta, dipastikan telah mempersiapkan protokol kesehatan (prokes) dan SOP pencegahan Covid-19.
Hal ini ditegaskan Wakil Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Purwakarta, Pendeta Efori Gulo, pada Kamis (24/12/2020).
Menurutnya, persiapan pelaksanaan Misa Natal tahun 2020 ini dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
“Kita merayakan Natal tahun 2020 dalam situasi pandemi Covid-19 sehingga semua umat untuk mengikuti ibadah harus ikut protokol kesehatan yang sudah diterapkan pengurus gereja, seperti undangan untuk umat, wastafel, cek suhu, dan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah Misa Natal,” ucap Ketua majelis Gereja Isa Almasih Jemaat Cibening, Kabupaten Purwakarta itu.

Baca Juga :  Kecamatan Babakancikao Menyediakan Posko Mudik Lebaran


Dalam hal pembatasan jumlah peserta kegiatan di gereja, sambung dia, juga telah diatur layout serta kursi jemaat semuanya telah diseting sedemikian rupa dan kesiapan panitia dalam membatasi jumlah peserta kegiatan keagamaan di gereja.  
“Jika biasanya Misa Natal di Gereja Isa Almasih Jemaat Cibening dihadiri 125 hingga 150 orang jemaat, pada Misa Natal yang pertama di tengah pandemi Covid-19 ini hanya akan dihadiri maksimal 50 hingga 60 orang jemaat untuk mencegah penyebaran Covid-19,” jelas Pendeta Efori.


Pelaksanaan Misa malam Natal dan Misa Natal pun kemungkinan akan dipersingkat. Selain itu, udia jemaat yang boleh hadir pun dibatasi minimal 13 tahun lalu maksimal 60 tahun.
“Kemungkinan misa itu biasanya 2,5 jam akan dipersingkat jadi 1,5 jam. Lansia maksimal 60 tahun, anak di bawah 13 tidak boleh. Antisipasi lainnya, kita siapkan tim kesehatan gereja,” bebernya.
Dijelaskan Pendeta Efori, adapun tema Natal tahun 2020 adalah ‘Mereka Akan Menamakannya Immanuel’ sebagaimana diambil dari Matius 1:23.
“Walaupun masih berjuang menghadapi pandemi, perayaan Natal 2020 diharap tetap bisa berlangsung dengan sukacita dan penuh harapan,” ucap pendeta Efori.

Baca Juga :  Patroli Dialogis Polsek Sindangwangi Sambangi Bank BRI dan Posgiro, Himbau Petugas Keamanan


Terpisah, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Purwakarta, Iyus Permana mengatakan, gereja di Kabupaten Purwakarta telah mempersiapkan perayaan Natal tahun ini dengan protokol kesehatan yang serba ketat.


Iyus menambahkan, mulai dari SOP pencegahan, pembatasan jumlah jemaat yang hadir di gereja, jarak jemaat di gereja ditata dengan baik dan sarana prasarana pendukung protokol kesehatan sudah disiapkan dan semuanya bagus.
“Alhamdulillah sudah berjalan bagus, semuanya sudah disiapkan dengan baik, mulai dari protokol kesehatan hingga sarana pendukungnya. Semoga bisa lancar dan persiapan ini bisa optimal,” singkatnya. (DH)

Baca Juga :  Pasir Pantai, Kolam Ombak Arena Bermaen Anak Taman Cikao Park Purwakarta