Sektor 14 Terima Bantuan Dari Pangdam III/Siliwangi Berupa Mesin Inovasi Pengolahan Sampah

Peristiwa Purwakarta

PURWAKARTA Zuritnews – Sektor 14 Citarum Harum menerima bantuan dari Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo berupa mesin Inovasi Pengolah sampah baik sampah organik maupun sampah non organik.
Mesin Inovasi Pengolah sampah ini asli buatan dalam negeri dengan menggunakan 100% kandungan komponen lokal yang merupakan Inovasi Prajurit Kodam III/Siliwangi.
Sektor 14 Citarum Harum menerima 2 unit mesin Inovasi Pengolah sampah yakni mesin Pencacah sampah dan mesin pembuat briket, yang masing-masing memiliki kelebihan tersendiri.
Mesin Inovasi Pencacah sampah memiliki fungsi untuk mencacah sampah baik sampah organik seperti sampah Rumah tangga maupun non Rumah tangga, sampah pasar, tanaman, makanan, sayuran dan lain-lain. Sampah Anorganik diantaranya sampah palstik, kayu, kardus, kertas dan lain-lain.
Sampah Organik bisa diolah terpisah menjadi Pupuk, makanan magot, POC atau Pupuk Organik Cair dan lain sebagainya.
Apabila akan dibuat menjadi briket sampah organik maupun anorganik dijadikan satu lalu dicacah dimesin Inovasi Pencacah dan ada Proses pencampuran aditif dan perekat serta Penitentiary pembusukan.
Sektor 14 Citarum Harum menempatkan mesin Inovasi Pengolah sampah ini di Kampung Batu Kelong Desa Jatimekar Kabupaten Purwakarta yang bekerja sama dengan Perum Jasa Tirta II pada Kamis 21 Juli 2023.
Dansektor 14 Kolonel Inf Mochamad Ridwan S.I.P berharap dengan adanya mesin Pengolah sampah ini, setidaknya dapat mengurangi penumpukan sampah di TPA dan setidaknya bisa bernilai ekonomis, dengan memberdayakan tenaga kerja dari masyarakat sekitar yang tentunya akan mendapatkan pelatihan terlebih dahulu sebelum mengoperasikan mesin Inovasi Pengolah sampah ini, tuturnya.
Hasil olahan baik berupa Briket maupun Cacahan sampah dan Pupuk serta bisa dikembangkan dengan Budidaya magot dengan memanfaatkan sampah organik dari masyarakat maupun Pasar yang sudah barang tentu kesemuanya itu memiliki nilai ekonomis. Hasil olahan berupa Briket sampah juga bisa menjadi bahan bakar bio masa dan juga bisa menggantikan Batu bara.
Inovasi mesin pencacah itu dapat mengatasi salahsatu penaganan Sampah yang merupakan masalah nasional berkaitan dengan terbatasnya TPS.(Daup Herlambang)

Baca Juga :  Rehabilitas Eks Bangunan Gedung Arsip PJT II Kabupaten Purwakarta Diduga Abaikan Aturan, PBG Belum Terbit