Pemerintah Desa Jatiluhur Alokasikan Dana Desa Tahap 1 Untuk Infrastruktur dan Ketahanan Pangan

Desa Purwakarta

Pemerintah Desa Jatiluhur Alokasikan Dana Desa Tahap 1 untuk Infrastruktur dan Ketahanan Pangan

Purwakarta Zuritnews – Pemerintah Desa (Pemdes) Jatiluhur Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta telah mengambil langkah strategis dalam penggunaan Dana Desa (DD) Tahap 1 Tahun anggaran 2024 tahun ini.

Kepala Desa Jatiluhur Ali Sadikin beserta Jajaran Pemdes Jatiluhur laksanakan kegiatan penyerahan hewan Ternak berupa Domba kepada kelompok Ternak Jatisari Mandiri sekaligus kandang yang disaksikan oleh Camat Jatiluhur dan jajaran.

Tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur, alokasi dana juga diarahkan untuk mendukung ketahanan pangan melalui pembelian domba dan pembangunan kandang.

Salah satu inisiatif yang menjadi fokus dalam program ketahanan pangan ini adalah pembelian hewan domba dan pembangunan kandang. Program ini dirancang untuk mendukung kelompok ternak Jatisari Mandiri yang selama ini aktif dalam kegiatan peternakan di desa. Ali Sadikin menegaskan bahwa langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan potensi lokal serta mendorong kemandirian ekonomi desa.

Baca Juga :  Jalan Bunder - Jatiluhur Di- Hotmix Anggaran Profinsi Tahun Anggaran 2023

“Dana Desa Tahap 1 ini tidak hanya digunakan untuk perbaikan dan pembangunan infrastruktur seperti jalan dan fasilitas umum lainnya, tetapi juga kita gunakan untuk mendukung ketahanan pangan desa. Salah satu caranya adalah dengan memberikan bantuan berupa hewan ternak dan fasilitas kandang kepada kelompok ternak Jatisari Mandiri. Harapannya, ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat dan memperkuat perekonomian desa,” jelas Ali Sadikin.

Dalam seremonial yang digelar hari ini,Selasa Tanggal 21 Mei 2024 Camat Jatiluhur Kabupaten Purwakarta Bapak Endang Saepudin mendapat kesempatan secara resmi menyerahkan domba-domba beserta kandangnya kepada kelompok Ternak Jatisari Mandiri desa Jatiluhur. Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat, perwakilan kelompok Ternak, dan warga desa yang antusias menyaksikan momentum penting ini.

Baca Juga :  Sidang Pleno Penetapan dan Pengundian Nomor Urut Calon Kades Cilegong Berjalan Sukses

“Kami berharap program ini dapat meningkatkan perekonomian desa sekaligus memperkuat ketahanan pangan. Dengan adanya domba dan kandang yang memadai, kelompok tani dapat lebih produktif dan mandiri,” ujar Camat Endang Saepudin dalam sambutannya.

Ketua Kelompok Ternak Jatisari Mandiri Ahmad Saepuloh menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan oleh pemerintah desa dan kecamatan. “Kami siap mengelola dan memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya demi kesejahteraan bersama,” ujarnya. Ahmad Saepuloh.

Tegasnya lagi Ali Sadikin ; Selain itu, Kegiatan pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas utama mencakup perbaikan jalan desa, pembangunan drainase, dan fasilitas umum lainnya. Pembangunan ini diharapkan dapat memperbaiki aksesibilitas dan meningkatkan kualitas hidup warga desa Jatiluhur.

Baca Juga :  Anggota DPRD Purwakarta Partai PDI P Dapil 1 Warseno Gelar Reses "Menjaring Aspirasi Menebar Informasi"

Dengan alokasi dana yang tepat sasaran, Pemdes Jatiluhur berkomitmen untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam pembangunan desa yang berkelanjutan. Langkah ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam memanfaatkan Dana Desa secara optimal untuk kemajuan bersama.Tegas Kades Ali Sadikin. Daup Herlambang Mewartakan.