Pemdes, Kembang Kuning Alokasikan Dana Desa Tahap 1 untuk Tiga Kegiatan Infrastruktur

Desa Purwakarta

Pemdes Kembang Kuning Alokasikan Dana Desa Tahap 1 untuk Tiga Kegiatan Infrastruktur

Purwakarta Zuritnews – (Pemdes) Kembang Kuning Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, telah mengalokasikan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2024 untuk mendanai tiga kegiatan pembangunan infrastruktur yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Alokasi dana ini mencakup kegiatan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) irigasi, Sistem Drainase, dan Pengecoran jalan lingkungan.

  1. Pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) Irigasi Pembangunan TPT irigasi ini bertujuan untuk memperkuat sistem irigasi yang ada di Desa Kembang Kuning. Dengan adanya TPT, diharapkan aliran air irigasi dapat lebih terkendali, dan tidak merusak lahan pertanian warga.Kegiatan pembangunan TPT IRIGASI yang berada diwilayah kampung Gunung Batu RT 04 RW 07 Dusun 4, Panjang 108 Meter Tinggi 80 CM dengan Lebar 40 – 25 CM dengan Dasar dilantai.

Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya meningkatkan produktivitas pertanian dan rencana kedepan akan dibuat area wisata pertanian dalam berupaya menunjang ekonomi kesejahteraan masyarakat setempat.

Baca Juga :  KUNKER Tim Kemenkomarvest RI Ke Sektor 14 "Monitoring Evaluasi Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS "

H. Halim Wahyu ; menyatakan bahwa pembangunan TPT irigasi ini sangat penting untuk menjaga kestabilan tanah dan memperbaiki sistem pengairan di lahan pertanian warga. “Dengan adanya TPT irigasi ini, kami berharap dapat mencegah erosi tanah serta memastikan aliran air irigasi lebih lancar dan terarah, sehingga para petani dapat mengelola lahannya dengan lebih baik,” ujarnya.

  1. Pembangunan Drainase Sistem drainase berada di Rt 03 Rw 04 Panjang : 83 Meter, Lebar : 40-25 CM,Tinggi.: 80 CM Dasar bawah dilantai, merupakan salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat Desa Kembang Kuning. Dengan dialokasikannya dana untuk proyek ini, diharapkan masalah genangan air yang kerap terjadi saat musim hujan dapat teratasi. Drainase yang memadai juga akan mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh air tergenang, serta meningkatkan kenyamanan dan kesehatan warga desa
Baca Juga :  Ini dia, 4 kuliner khas Purwakarta yang Enak, Murah dan Memuaskan

3. Pengecoran Jalan Lingkungan yang berada di Rt.04 Rw 04 dengan ukuran Panjang : 132 M, Lebar : 1.2 M,Tinggi: 10 CM telah rampung diselesaikan, sangat penting untuk mendukung mobilitas dan aktivitas sehari-hari masyarakat. Kegiatan pengecoran jalan lingkungan yang dibiayai dari Dana Desa ini bertujuan untuk memperbaiki jalan-jalan desa yang rusak dan berlubang, sehingga memudahkan akses transportasi dan meningkatkan keselamatan bagi para pengguna jalan.

Kepala Desa Kembang Kuning, Bapak H Halim Wahyu menyampaikan bahwa alokasi Dana Desa tahap pertama tahun anggaran 2024 ini merupakan hasil dari musyawarah desa yang melibatkan berbagai pihak, termasuk perangkat desa, tokoh masyarakat, dan warga setempat. “Kami berharap dengan terealisasinya ketiga (3) kegiatan ini, kualitas hidup masyarakat Desa Kembang Kuning akan meningkat dan dampak positifnya dapat dirasakan secara langsung,” ujar Bapak H Halim Wahyu.

Dengan pelaksanaan ketiga Kegiatan sekarang ini pada infrastruktur ini, Pemdes Kembang Kuning Kecamatan Jatiluhur melalui Ketua TPK lapangan Sukarya memaparkan pada media, menunjukkan komitmennya dalam membangun desa yang lebih maju dan sejahtera. Warga desa pun menyambut baik inisiatif ini dan berharap Kegiatan tersebut telah selesai dengan tepat waktu dan memberikan manfaat yang berkelanjutan. Ucap Sukarya.(Daup Herlambang)