Dansatgab 14 Pimpin Apel Gelar Personel & Materiil Penertiban KJA Jatiluhur Tahun 2024

Peristiwa Purwakarta

Dansatgab 14 Pimpin Apel Gelar Personel & Materiil Penertiban KJA Jatiluhur Tahun 2024

Purwakarta,Zuritnews –  Kamis 11 Juli 2024 – Komandan Satuan Tugas Gabungan (Dansatgab) 14, Kolonel CZI Bambang Prasetyo  memimpin apel gelar personel dan materiil dalam rangka penertiban Keramba Jaring Apung (KJA) di Waduk Jatiluhur Purwakarta.

Acara yang digelar di lapangan Pelabuhan Biru  Waduk Jatiluhur ini dihadiri oleh puluhan personel dari berbagai unsur yang terlibat dalam operasi valudasi tersebut.

Dalam sambutannya, Kolonel CZI Bambang Prasetyo. menegaskan pentingnya penertiban KJA sebagai langkah untuk menjaga kelestarian lingkungan dan keberlanjutan ekosistem di Waduk Jatiluhur. “Penertiban KJA ini bukan hanya demi ketertiban, tetapi juga untuk menjaga kualitas air dan memastikan keseimbangan ekosistem perairan di Jatiluhur. Kami mengajak semua pihak untuk bekerja sama demi mencapai tujuan ini,” ujar Dansatgab 14.

Baca Juga :  Galian Pasir Liar, Menelan Korban Jiwa di Tutup Satpol PP

Kolonel Bambang Prasetyo juga menekankan beberapa hal penting selama pelaksanaan operasi, yaitu:

Perhatikan Faktor Keamanan Personel dan Materiil: Setiap personel diminta untuk selalu memperhatikan keselamatan diri dan peralatan yang digunakan agar operasi berjalan tanpa insiden yang tidak diinginkan.

Laksanakan Validasi dengan Tegas tapi Humanis: Pendekatan persuasif dan humanis tetap diutamakan dalam setiap tindakan penertiban, meskipun ketegasan harus tetap dijaga.

Selalu Berdoa kepada Allah SWT: Dalam setiap langkah, seluruh personel diingatkan untuk senantiasa berdoa memohon kesehatan, kemudahan, kelancaran, dan keamanan dalam menjalankan tugas.

Laksanakan Komunikasi dengan Aparat Desa Setempat: Kolaborasi dan komunikasi yang baik dengan aparat desa setempat sangat diperlukan untuk memastikan kelancaran operasi dan dukungan dari masyarakat sekitar.

Laporkan Segera Apabila Ada Hal-Hal Menonjol: Setiap perkembangan atau kejadian penting selama operasi harus segera dilaporkan agar dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

Baca Juga :  Penanaman Pohon di Lahan Kritis: Upaya Mendukung Lingkungan dan Keseimbangan Alam.


Apel gelar ini melibatkan masyarakat setempat dan personel dari TNI, Polri, Satpol PP, serta dinas terkait di Kabupaten Purwakarta. Selain itu, berbagai peralatan dan materiil yang diperlukan untuk operasi validasi data, seperti kapal patroli, alat angkut, dan perangkat komunikasi, juga diperiksa kesiapannya.

Operasi Validasi data KJA di Waduk Jatiluhur tahun ini direncanakan berlangsung selama Lima minggu. Dansatgab 14 menekankan bahwa operasi ini akan dilaksanakan secara tegas namun tetap humanis, dengan mengedepankan pendekatan persuasif kepada para pemilik KJA. “Kami berharap para pemilik KJA dapat bekerja sama dan mematuhi peraturan yang ada demi kebaikan bersama,” tambah Kolonel Bambang Prasetyo

Di akhir acara, Dansatgab 14 melakukan inspeksi terhadap seluruh personel dan peralatan yang akan digunakan dalam operasi. Hal ini untuk memastikan kesiapan optimal dari setiap unsur yang terlibat, sehingga operasi validasi data KJA dapat berjalan lancar dan mencapai hasil yang diharapkan.

Baca Juga :  3 Pejabat Mendapat Tumpeung Dari Deputi ELKP Kementrian BUMN

Operasi Validasi data   KJA di Waduk Jatiluhur merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dan pihak terkait untuk menata kembali pemanfaatan sumber daya alam secara lebih baik dan berkelanjutan. Diharapkan, melalui operasi ini, kualitas lingkungan di sekitar Waduk Jatiluhur dapat terjaga dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat sekitar.(DAUP HERLAMBANG)