Dana Desa Tahap 1 Tahun 2023 Desa Cijantung, di- Realisasikan Perbaikan Drainase dan TPT di- Beberapa Titik

Desa Purwakarta

Purwakarta Zuritnews – Desa Cijantung Kecamatan Sukatani melaksanakan perbaikan Drainase dan Pemasangan Tembok Penahan Tanah (TPT), yang dikerjakan oleh warga setempat pemanfaatan tenaga ahli dilingkungan sendiri. Rabu 25 Mei 2023.

Kepala Desa Cijantung, Oman A dan Tim Pelaksana Kerja (TPK) beserta pemerintahan Desa sebelumnya melakukan Evaluasi kerusakan Periksa kondisi drainase solokan secara menyeluruh untuk mengidentifikasi area yang rusak atau terhalang adanya tanah longsor, atau material lain yang menghalangi aliran air, dan ditemukan dibeberapa titik.

Penggunaan Dana Desa untuk perbaikan Drainase dan TPT saluran air hujan merupakan salah satu bentuk pengelolaan dan pemanfaatan Dana Desa untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur dasar di tingkat Desa.

Baca Juga :  Demokrat Pilihan Tepat, Novi Nurdinasari S.Pd Bacaleg Pemilu 2024.

Seperti hal nya yang sedang dilaksanakan perbaikan drainase dan TPT saluran air atau solokan Desa Cijantung menggunakan Dana Desa Tahap 1 komposisi pekerjaan panjang 90 meter dikerjalan dibeberapa titik tempat tidak terpaku disatu titik saja dengan estimaai pekerjaan pemasangan batu belah, dan plester bagian atas dengan ketinggian berpareasi dan lebar 30 – 40 cm anggaran sebesar 85 juta.

Pertama-tama, dilakukan evaluasi terhadap kondisi saluran air atau gorong-gorong yang ada. Hal ini mencakup pemeriksaan visual dan pengujian untuk menentukan kerusakan atau masalah yang perlu diperbaiki.  Dilakukan perencanaan perencanaan dengan merancang langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki masalah yang ada oleh Tim Pelaksana kerja dan pemdes.

Baca Juga :  Safari Ramadhan Bersama Dedi mulyadi Dan Carly setia Band

Untuk memperbaiki drainase solokan yang rusak agar air hujan dapat mengalir dengan lancar, membersihkan debris/ puing  atau material yang menghalangi aliran air di dalam solokan,  pemindah material untuk membersihkan sampah, daun, pasir, atau batu-batuan yang menghalangi aliran air. Perbaiki retakan dan kerusakan pada dinding solokan, perbaiki dengan menggunakan bahan batu belah pasir dan semen diratakan permukaan dalam solokan dengan  kemiringan solokan cukup untuk memungkinkan aliran air yang lancar.

Kades Oman A menuturkan, Pemdes  tetap melakukan  perawatan dan pemeliharaan rutin setelah perbaikan selesai, perawatan dan pemeliharaan rutin terhadap solokan. Bersihkan debris/ puing secara berkala, periksa kondisi solokan secara reguler, dan lakukan perbaikan atau tindakan preventif jika ditemukan kerusakan. Tutur Kades Oman A (Daup herlambang)