Penanaman Pohon di Lahan Kritis: Upaya Mendukung Lingkungan dan Keseimbangan Alam.

Peristiwa Purwakarta Uncategorized

Penanaman Pohon di Lahan Kritis: Upaya Mendukung Lingkungan dan Keseimbangan Alam.

Purwakarta Zuritnews – Hari ini, Senin 22 Januari 2024 Dinas PUTR , Muspika, Desa, Pengembang Perumahan dan warga bahu-membahu menggali tanah dan menanam 200 (Dua Ratus) bibit pohon keras di area yang sebelumnya sebagai lahan rawan longsor. Pemilihan jenis pohon didasarkan pada adaptasi terhadap kondisi tanah kritis, diantaranya pohon Mahoni dan pohon Durian sehingga diharapkan pertumbuhannya dapat maksimal dan memberikan manfaat jangka panjang.

Dalam rangka mendukung upaya pelestarian lingkungan dan mengatasi degradasi lahan, Pengembang PT TIGA PILAR ( Perum Bukit Jatiluhur Asri) bekerjasama dengan DPUTR, KODIM, KORAMIL, KECAMATAN, Desa dan sekelompok masyarakat setempat dengan antusias melaksanakan program penanaman pohon di lahan kritis yang berada di Desa Jatimekar kecamatan Jatiluhur tepatnya berada di lingkungan perumahan PT TIGA PILAR (Bumi Jatiluhur Asri)

Baca Juga :  Musnahkan Barang Haram, Polres Purwakarta Disaksikan Muspida.

Camat Jatiluhur Endang Saepudin menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan keberagaman flora, memperbaiki kualitas tanah, serta meningkatkan keseimbangan ekosistem.

Dinas, Muspika dan pengembang juga berbagai lapisan masyarakat, termasuk dan tokoh masyarakat, berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Selain memberikan manfaat lingkungan, penanaman pohon ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif sosial dan mempererat kebersamaan dalam menjaga keberlanjutan alam. Ucap camat.

Danramil Jatiluhir Kapten Arm Deny Kristian, program penanaman pohon di lahan kritis ini merupakan langkah konkrit yang diambil oleh Dinas dan pengembang juga masyarakat setempat sebagai respons terhadap perubahan iklim dan kondisi ekologis yang semakin memprihatinkan. Dengan kolaborasi yang kuat, mereka berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan ini secara berkala guna menciptakan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan.Tutur Danramil

Baca Juga :  KPK Tetapkan 2 Orang Tersangka Kasus PJT II

Perwakilan Pengembang dari PT TIGA PILAR (PERUM BUKIT JATILUHUR ASRI) ENDRA, Kegiatan ini, dengan harapan dan komitmen bersama untuk terus menjaga dan merawat pohon-pohon yang baru ditanam, serta menginspirasi komunitas lain untuk melakukan langkah serupa. Kolaborasi penamaman pohon dilahan kritis longsor dan semoga penanaman pohon ini menjadi tonggak awal dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mendorong kesadaran kolektif untuk berkontribusi dalam perlindungan bumi kita. Tegasnya Endra(Daup Herlambang)