Satgas Citarum Harum Sektor 15 Laksanakan Sosisialisasi, Edukasi & Penanaman Pohon

Peristiwa Purwakarta

Purwakarta, Zuritnews – Satgas Citarum Harum Sektor 15 Kabupaten Purwakarta di-dampangi  Dinas DLH Kabupaten Karawang bersama warga masyarakat melakukan Sosialisasi dan Edukasi menghijaukan kembali dibantaran Daerah Air Sungai (Das) dan  menjaga sungai Citarum. Kamis 8 Desember 2022.

Dalam kesempatan kali ini Dansektor 15 Kolonel Inf Opan Sopandi memberikan pemahaman terkait pentingnya kebersihan dalam kehidupan dan menjaga  alam. Mengajak agar warga Kampung Onco Desa mulya Sejati Kecamatan Ciampel Kabupaten karawang  bisa menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai, menumbuhkan kesadaran warga masyarakat yang bermukim dipinggiran bantaran sungai Citarum agar tetap bersama dengan petugas satgas citarum harum dalam menjaga lingkungan terutama di daerah aliran sungai citarum.

Baca Juga :  PURWAKARTA TIDAK KHAWATIR PERSEDIAN BERAS MENGHADAPI BULAN ROMADHAN DAN LEBARAN
Keterangan poto; Dansektor 15 Kol.Inf Opan Sopandi sedang memberikan edukasi terhadap warga masyarakat, dan simbolis memberikan Pohon keras kepeda Kadus Desa mulya Sejati.

Beliau, menjelaskan bahwa tujuan dilakukannya sosialisasi guna memberikan pembekalan dan edukasi tentang kesadaran dan bahaya dampak pencemaran yang terjadi di lingkungan, khususnya   kelestarian sungai.

” Diharapkan program citarum harum ini dapat diketahui oleh semua lapisan masyarakat, paling tidak dengan sosialisasi ini, masyarakat  mendapatkan pengetahuan, melalui tim Satgas citarum harum, serta  aparat Desa, RW, RT  setelah tahu mereka akan ikut berbuat dan mendukung program Citarum dengan harapan dapat tercapai timbul kesadaran pentingnya kebersihan”

Beliau menambahkan, melalui sosialisasi tersebut diharapkan dapat merubah pola pikir masyarakat tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, sekaligus menjaga lingkungan.

Baca Juga :  Kejari Purwakarta Musnahkan Barang Bukti Hasil Penyitaan Perkara Tindak Pidana

“Sedikit demi sedikit kita ubah mindset masyarakat, yang tadinya apatis terhadap menjaga lingkungan  menjadi peduli. Kalo sudah tidak ada lagi Satgas Ciatrum Harum nantinya masyarakat yang akan melanjutkan,” ucap Opan Sopandi

Pada kesepatan yang sama, Pasi Ops Lettu Arm Pitono
Dengan terlibatnya seluruh stakeholder, maka momentum ini dapat dimanfaatkan sebagai kampanye untuk menunjukan kepada masyarakat sekaligus mempererat hubungan antar stakeholder dengan harapan dapat menjadi tolak ukur keberhasilan Program Citarum Harum dari waktu ke waktu.

Ia berharap kepedulian masyarakat akan lingkungan hidup dan sungai sebagai sumber kehidupan dapat terus meningkat, serta mulai terlibat dalam aksi nyata pengendalian pencemaran dan kerusakan DAS Citarum.

Baca Juga :  Persib Legend Saksi Sejarah Terbentuk Club Sepak Bola Innsani FC Kecamatan Sukatani

Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon keras di pinggiran bantaran sungai citarum.

Kegiatan Sosialisasi dan edukasi program Citarum Harum sektor 15 ini dihadiri oleh Dinas lingkungan Hidup Kab, Karawang, Kepala Desa Mulya sejati yang diwakili oleh Kadus Engkos, Babinsa Desa Mulya sejati Maili Windra , Babinmas Desa mulya Sejati Tono, Ketua RW 04/RT 08 dan warga masyarakat. Tutur Pasi Ops Pitono.( Daup H)