Satgas Sektor 14 Citarum Harum Laksanakan Sidak dan Monitoring IPAL

Peristiwa Purwakarta

Purwakarta Zuritnews – Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 14 terus mengintensifkan upaya pemantauan dan penegakan aturan lingkungan dengan melakukan kegiatan monitoring rutin dan inspeksi mendadak (sidak) terhadap Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) perusahaan di sekitar aliran sungai Citarum.

Dansektor 14 Kolonel CZI Bambang Prasetyo menegaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut mematuhi standar pengelolaan limbah yang telah ditetapkan demi menjaga kebersihan lingkungan dan daerah aliran sungai Citarum.

Hari ini Jum’at Tanggal 3 Mei 2024. Dansektor dan Tim Ahli beserta Jajaran sektor 14 melakukan kegiatan rutin pengawasan pembuangan air limbah dan melakukan pengecekan lapangan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) baik B3 dan Limbah Domestik PT CHEM STAR dan PT TBK yang berada di Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga :  ESWL Pemecahan Batu Ginjal Tampa Pembedahan Menggunakan Gelombang Kejut

Dansektor 14 dan Jajaran juga Tim Ahli disambut petinggi perusahaan dan yang mewakili penyambut dengan baik sekaligus mengantar ketempat dimana pengolahan IPAL berada, seperti PT CHEM STAR dan PT TBK hal ini membuktikan adanya keterbukaan dan trasfaransi terkait pengolahan air limbat perusahaan-perusahaan tersebut.

Dansektor 14 dan Jajaran juga Tim Ahli disambut petinggi perusahaan dan yang mewakili penyambut dengan baik sekaligus mengantar ketempat dimana pengolahan IPAL berada, seperti PT CHEM STAR dan PT TBK hal ini membuktikan adanya keterbukaan dan trasfaransi terkait pengolahan air limbat perusahaan – perusahaan tersebut.

Dalam setiap kegiatan monitoring rutin dan sidak IPAL, tim Satgas Citarum Harum Sektor 14 melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap operasional IPAL perusahaan, termasuk proses pengolahan limbah dan kualitas air yang dihasilkan sebelum dibuang ke sungai. Setiap pelanggaran terhadap aturan lingkungan akan ditindaklanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku.

Baca Juga :  Pembangunan Bale Musyawarah, Bantuan Daniel Tobing Anggota DPR RI dan Swadaya Masyarakat.

Dansektor 14 Kolonel CZI Bambang Prasetyo Satgas Citarum Harum, menegaskan kembli pentingnya kegiatan ini dalam menjaga keberlangsungan ekosistem sungai Citarum. “Kami terus melakukan pemantauan dan sidak IPAL perusahaan untuk memastikan bahwa setiap aktivitas industri tidak merusak lingkungan dan tetap mematuhi regulasi yang telah ditetapkan,” ujarnya Kolonel CZI Bambang Prasetyo

Selain itu, Satgas Citarum Harum juga mengajak seluruh stakeholders, termasuk perusahaan-perusahaan, untuk berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Keterlibatan semua pihak diharapkan dapat menciptakan sinergi yang positif dalam menjaga kebersihan sungai Citarum dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup bagi masyarakat sekitarnya.

Baca Juga :  Silaturahmi Kamtibmas Antara Keluarga Besar Ormas PP Dengan Polres Sumedang.

Upaya Satgas Citarum Harum Sektor 14 dalam melakukan monitoring dan sidak IPAL perusahaan merupakan bukti nyata komitmen pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan demi kesejahteraan bersama. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan sungai Citarum dapat terus menjadi sumber daya alam yang berkelanjutan bagi generasi masa depan. Tutur Dansektor 14 Kolonel CZI Bambang Prasetyo.(Daup Herlambang)