Sektor 15 Satgas Citarum Harum Gelar Sosialisasi Akan Dilakukan Penertiban Kolan Jaring Apung (KJA) Over Kapasitas di Danau Onco Desa Mulya Sejati

Peristiwa Purwakarta

Sektor 15 Satgas Citarum Harum Gelar Sosialisasi untuk Penertiban Kolan Jaring Apung (KJA) Over Kapasitas di Danau Onco Desa Mulya Sejati

PURWAKARTA Zuritnews – Sektor 15 , 25 Juli 2023 – Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum dari Sektor 15, Kolonel Armed Sutriyono mengumumkan langkah konkret untuk menangani permasalahan Kolam Jaring Apung (KJA) yang beroperasi pada kapasitas di Danau Onco Desa Mulya Sejati Kecamatan Klari Kabupaten Kerawang. Sosialisasi akan dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi dampak negatif yang ditimbulkan oleh KJA yang berlebihan di wilayah danau tersebut.

Kolam Jaring Apung (KJA) di Danau Onco Desa Mulya Sejati telah menjadi perhatian utama bagi pemerintah setempat, karena keterlambatan dalam penertiban KJA yang beroperasi melebihi kapasitas dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan berdampak negatif pada keberlanjutan sumber daya perikanan.

Dansekto 15, Satgas Citarum Harum, Kolonel Armed Sutriyono, menjelaskan bahwa sosialisasi yang sekarang diadakan pada tanggal 25 Juli 2023 di Balai Danau Onco Desa Mulya Sejati. Sosialisasi tersebut melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait, termasuk para pemilik KJA, petenak ikan, perwakilan masyarakat, dan instansi terkait.

Baca Juga :  Pemkab Purwakarta Salurkan BST untuk Karyawan Korban PHK

Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah untuk mengedukasi pemilik KJA mengenai pentingnya mematuhi kapasitas yang ditetapkan untuk operasi KJA agar tidak mengganggu keseimbangan ekosistem danau. Kolonel Armed Sutriyono juga menegaskan bahwa penertiban KJA yang beroperasi di atas kapasitasnya akan dilakukan secara tegas, tetapi juga adil dan berlandaskan pada aturan dan regulasi yang berlaku.(Daup Herlambang)

Selain itu, dalam acara sosialisasi tersebut, akan diberikan informasi mengenai sanksi-sanksi yang akan diberlakukan bagi para pelanggar yang tetap tidak mematuhi batas kapasitas yang telah ditetapkan. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengertian tentang konsekuensi hukum yang akan dihadapi apabila KJA terus dioperasikan secara berlebihan.

Baca Juga :  Komitmen Pemkab Purwakarta Berantas Peredaran Rokok Ilegal

Kepala Desa Mulya Sejati, Jumadi menyatakan dukungannya terhadap langkah penertiban KJA. Beliau berharap melalui sosialisasi ini, para pemilik KJA akan lebih sadar akan pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem dan keberlanjutan sumber daya perikanan di Danau Onco.

Pemerintah dan, Sektor 15 dan Satgas Citarum Harum berharap bahwa melalui sosialisasi ini, kesadaran akan perlunya penertiban Kolan Jaring Apung (KJA) atas kapasitas dapat meningkat, sehingga ekosistem danau dapat berlapis dan kesejahteraan masyarakat petenak ikan tetap terjaga. Diharapkan partisipasi aktif dari semua pihak akan mampu menciptakan solusi bersama dalam mengatasi permasalahan ini. Tegas Dansektor 15.

Sekaligus mengedukasi Masyarakat terkait permasalahan dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih, tidak membuang sampah sembarangan dengan Sosialisasi ini di harapkan seluruh yang hadir di tempat ini bisa memberikan contoh pada warga dilingungan nya masing masing dalam menjaga lingkungan tetap bersih.
Edukasi konkrit ini agar warga masyarakat peduli akan butuh nya kebersihan dalam kehidupan sehari hari, Sektor 15 dengan membagikan tong sampah di 3 Titik secara gratis dan dilanjutkan dengan penanaman pohon keras dipinggiran bantaran aliran sungai citarum.

Baca Juga :  Pengisian Oksigen Gratis Bagi Warga Purwakarta, Sedang Sakit / Menjalani Isolasi Mandiri (ISOMAN)

Hadir dalam acara Dansektor 15, Kolonel Armed Sutriyono dan Jajaran, Kepala Desa Desa Mulyamekar Sejati Jumadi dan jajaran, petani ikan, babinkamtibmas babinsa, tokoh masyarakat, warga disekitar daerah aliran sungai citarum.