Bupati & 2 Pejabat Pemda Menemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta

Pemda Sumedang
Zuritnews.com – Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Sekretaris Daerah Herman Suryatman dan Kepala Bappppeda Tuti Ruswati menemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Rabu (2/6/2021).
Pertemuan tersebut dalam rangka koordinasi terkait progres pembangunan di Kabupaten Sumedang sebagai upaya mengakselerasi pengembangan potensi kawasan Industri BUTOM (Buahdua, Ujungjaya dan Tomo) Panas Bumi, Jalan Tol Cisumdawu dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Jatigede.
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyampaikan, saat ini Sumedang dilintasi jalan Tol Cisumdawu sepanjang 62 kilometer yang ditargetkan pemerintah pusat selesai akhir Desember 2021.

“Pemda Sumedang berkomitmen untuk mengakselerasi pembebasan lahan dan pembangunan kontruksi jalan tol,” ucapnya.

Baca Juga :  Viralnya Aksi Penertiban Komunitas Skateboard di Situbuleud
Ia menilai jika jalan tol selesai, maka akan mempermudah akses warga dari luar daerah untuk masuk ke Sumedang termasuk ke Bandara Kertajati.
“Kami terus berkomitmen mengakselerasi bahkan memobilisasi birokrasi mulai dari camat sampai Kades untuk bersama-sama hadir menjadi bagian solusi berkaitan dengan persoalan percepatan pembangunan jalan tol,” ujarnya.
Lebih lanjut Bupati mengatakan, selain mengakselerasi pembangunan jalan Tol Cisumdawu, Pemda Sumedang juga meminta bantuan dan dukungan dari Kemenko Marves RI terhadap upaya pengembangan potensi lahan industri BUTOM.
Saat ini, kata Bupati, sudah ada lahan seluas 4000 hektar dan pemda Sumedang meminta kepada Menteri Luhut agar ada investor yang masuk ke kawasan BUTOM.
“Kalau investor datang, industrinya hadir, tumbuh dan berdiri di sana, akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan yang akhirnya berdampak kepada meningkatnya kesejahteraan warga Sumedang,” kata Bupati.
Berkaitan dengan pengembangan ekonomi di kawasan Jatigede, sambung Bupati, Kemenko Marves akan membantu melalui beberapa program yang disiapkan.

“Catatan Pak Menteri nanti akan membantu. Mohon di kawal jalan tol kemudian sesuatunya dikoordinasikan dan akan membantu pembangunan Sumedang. KEK juga nanti akan disupport. Pak Menteri sudah menugaskan Deputi untuk mengawal pariwisata,” pungkasnya.(H Deden S)

Baca Juga :  15 MENIT ORANG TUA DIHARAPKAN BACAKAN BUKU UNTUK ANAK