Di Kecamatan Sukasari Dansatgab Lanjutkan Sosialisasi KJA Waduk Jatiluhur

Peristiwa Purwakarta

PurwakartaZuritnews – Kamis 13 Juni 2024 – Dalam upaya menjaga kelestarian ekosistem Waduk Jatiluhur, Komandan Satuan Tugas Gabungan (Dansatgab) Kolonel CZI Bambang Prasetyo SE  menggelar sosialisasi penertiban Keramba Jaring Apung (KJA).

Acara ini dihadiri oleh, Tim Satgas Citarum Harum, Dansatgab, Perwakilan PJT II Wilayah IV, Diskanak, Camat, Kapolsek, Danramil, dan para pengusaha ikan dan kalangan petani ikan dari Lima Desa sekitar waduk tersebut.
Desa Kertamanah, Kutamanah, Sukasari, Parung Banteng, Ciririp, dengan
jumlah peserta sekitar 100 orang perwakilan kalangan petani & pengusaha

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di pusatkan di Aula Kecamatan Sukasari ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan dan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dansatgab menekankan bahwa penertiban KJA bukan semata-mata untuk menertibkan, melainkan juga untuk menjaga kualitas air waduk yang menjadi sumber air bersih bagi masyarakat sekitar.

Baca Juga :  Panitia Festival Maranggi, Pedagang & Pengunjung Diwajibkan Terapkan Protokol Kesehatan

“Dalam penertiban ini, kami mengedepankan pendekatan persuasif dan edukatif. Kami ingin memastikan bahwa masyarakat dan pengusaha memahami alasan di balik langkah-langkah yang kami ambil. Kami tidak hanya menertibkan, tetapi juga memberikan solusi alternatif yang lebih ramah lingkungan,” ujar Dansatgab Bambang Prasetyo.

Selain pemaparan dari Dansatgab, acara ini juga diisi dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Para petani ikan dan pengusaha diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasi dan mencari solusi bersama atas permasalahan yang dihadapi. Dalam diskusi tersebut, beberapa petani ikan mengungkapkan kekhawatiran mereka terhadap penertiban ini, namun mereka juga menunjukkan kesediaan untuk bekerja sama demi kebaikan bersama.

Baca Juga :  Sektor 14 Lakukan Sidak PT Surya Mitra Utama, Produksi Keju

Camat Sukasari, Bayu Permadi,  yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi kepada Dansatgab atas pendekatan yang dilakukan. “Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya menjaga kelestarian waduk. Kami juga berterima kasih atas upaya Dansatgab yang memberikan alternatif bagi para petani ikan,” katanya.

Acara sosialisasi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang akan terus dilakukan oleh Dansatgab dan pihak terkait untuk memastikan keberlanjutan ekosistem Waduk Jatiluhur. Dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah, pengusaha, dan masyarakat, diharapkan penertiban KJA dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan perekonomian lokal.(Daup Herlambang)

Baca Juga :  H Agus Wijaya Calon Anggota DPRD Dapil 2 Menggelar Program Wisata Religi Mendekatkan Diri Dengan Masyarakat Desa Ciwareng