SEKTOR 14 BERSAMA SEKTOR 15 & KODIM 0619/PURWAKARTA BERSIH – BERSIH ENCENG GONDOK DI WADUK JATILUHUR

Peristiwa Purwakarta

Purwakarta, Zuritnews – Jum’at 14 Juni 2024 – Dalam upaya menjaga kelestarian dan kebersihan Waduk Jatiluhur, Dansektor 14 Satgas Citarum Harum Kolonel CZI Bambang Prasetyo SE kembali melakukan aksi pengangkatan eceng gondok.
Kali ini, dengan bantuan alat berat, sekitar 96 meter kubik eceng gondok berhasil diangkat di lokasi Tanggul Kayat Desa Kembang Kuning Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta.

Aksi ini merupakan bagian dari program berkelanjutan yang bertujuan untuk mengatasi masalah eceng gondok yang kerap mengganggu ekosistem waduk. Eceng gondok, tanaman air yang dapat tumbuh dengan cepat, seringkali menjadi masalah besar karena dapat menutupi permukaan air dan menghalangi sinar matahari serta mengurangi kadar oksigen di dalam air. Hal ini berdampak buruk pada kehidupan biota air dan kualitas air waduk.

Baca Juga :  Warga Pertanyakan Pelaksanaan Pekerjaan Dana Desa(DD) Tahap 2 Tahun 2021.

Menurut Komandan Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 14 .Kolonel CZI Bambang Prasetyo SE kegiatan pengangkatan eceng gondok ini dilakukan secara berkala untuk memastikan waduk tetap dalam kondisi baik dan ekosistemnya terjaga. “Dengan menggunakan alat berat, proses pengangkatan eceng gondok dapat dilakukan lebih efisien dan cepat. Kami berhasil mengangkat sekitar 96 meter kubik eceng gondok di sekitar Tanggul Kayat,” ujar

Operasi ini melibatkan puluhan personel
sekitar 120 Orang terdiri dari :
Sektor 14 : 15 Orang, Sektor 15 : 15 Orang, Kodim 0619/PWK : 40 Orang, Masyarakat Tanggul kayat: 50 Orang
Dengan bantuan Alat Yang digunakan

  • truk 4 unit
  • Perahu Tradisional 2 unit
  • perahu Katamaran 1 Unit
  • Albert 1 Unit
  • pelampung 10 buah.
Baca Juga :  Zaenal Arifin Dewan PKB Dapil IV Laksanakan RESES di- Desa Sindang Panon

Semua bekerja sama untuk memastikan alat berat dapat berfungsi dengan optimal. Selain pengangkatan eceng gondok, tim juga melakukan pembersihan di sekitar waduk untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan area tersebut. Tegas Dansektor 14, Satgas Citarum Harum Kolonel CZI Bambang Prasetyo SE

Darmin; warga setempat menyambut baik langkah ini dan berharap upaya pembersihan akan terus dilakukan secara rutin. “Kami sangat mendukung kegiatan ini karena waduk Jatiluhur merupakan sumber kehidupan bagi kami. Semakin bersih waduk Jatiluhur semakin baik pula kualitas air yang kami dapatkan,” kata salah satu warga Darmin.

Program Citarum Harum sendiri telah berjalan beberapa tahun terakhir dengan fokus pada rehabilitasi dan pelestarian Sungai Citarum dan waduk-waduk yang ada di sekitarnya. Keberhasilan pengangkatan eceng gondok ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengelola dan menjaga kelestarian lingkungan air.

Baca Juga :  Reses Dedi Juhari DPRD Purwakarta, Partai PKS Jaring Aspirasi Warga Karang Layung

Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, Dansatgab Citarum Harum optimis program ini akan terus berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi ekosistem waduk serta masyarakat sekitar. TuturNya Dansektor 14 (Daup Herlambang)