Satgab KJA Gelar Sosialisasi Lanjutan Penertiban KJA di Waduk Jatiluhur

Peristiwa Purwakarta

Satgab KJA Gelar Sosialisasi Lanjutan Penertiban KJA di Waduk Jatiluhur

Purwakarta, 20 Juni 2024 – Satuan Gabungan (Satgab) yang dipimpin oleh Kolonel CZI Bambang Prasetyo dan Tim sektor 14, melalui Serka Kasiyadi kembali menggelar sosialisasi lanjutan terkait penertiban Keramba Jaring Apung (KJA) di Waduk Jatiluhur. Sosialisasi kali ini dilaksanakan di Kecamatan Tegalwaru dan dihadiri oleh 150 orang petani dan pengusaha ikan.

Acara ini merupakan bagian dari upaya berkesinambungan pemerintah dan Satgab untuk menjaga ekosistem Waduk Jatiluhur tetap lestari serta memastikan kualitas air tetap terjaga. Kolonel CZI Bambang Prasetyo melalui Serka kasiyadi menyampaikan pentingnya peran serta masyarakat dalam mendukung program ini.

Baca Juga :  Tokoh Desa Cijantung Mempertanyakan Aset Tanah Bengkok Lapang Bola Pada Bupati Anne

“Penertiban KJA adalah langkah krusial untuk menjaga keseimbangan ekosistem waduk dan kualitas air. Kami mengharapkan kerjasama dari seluruh petani dan pengusaha ikan untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan demi kepentingan bersama,” ujar Serka Kasiyadi dalam sambutannya.

Sosialisasi ini memberikan penjelasan mendetail tentang prosedur penertiban KJA, termasuk tata cara pemindahan keramba yang tidak sesuai regulasi, serta sanksi bagi yang melanggar. Diskusi terbuka juga dilakukan untuk mendengarkan masukan dan solusi dari para petani dan pengusaha ikan.

Para peserta yang hadir tampak antusias dan memberikan dukungan penuh terhadap sosialisasi ini. Mereka menyatakan kesiapan untuk mengikuti ketentuan yang ada dan berharap adanya dukungan lebih lanjut dari pemerintah dalam bentuk pendampingan dan bantuan teknis.

Baca Juga :  Komisi 1 DPRD Purwakarta Pertanyakan Kinerja Satpol PP Dalam Penegakan Perda

“Dengan sosialisasi ini, kami semakin memahami pentingnya menjaga keseimbangan antara usaha perikanan dan kelestarian waduk. Kami siap mendukung program penertiban KJA,” kata salah seorang petani ikan yang hadir.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan proses penertiban KJA di Waduk Jatiluhur dapat berjalan lancar dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat, sehingga kelestarian waduk dan keberlanjutan usaha perikanan dapat terjaga dengan baik.(Daup Herlambang)