Satgas Citarum Harum Melakukan Sidak Pada PT Elegant Textile Indonesia Terkait Pengolahan Limbah Domestik

Peristiwa Purwakarta

Satgas Citarum Harum Melakukan Sidak pada PT Elegant Terkait Pengolahan Limbah Domestik

Purwakarta Zuritnews – Hari ini Jum’at tanggal  13 Oktober 2023 – Tim Satuan Tugas Citarum Harum, yang bertanggung jawab dalam pengawasan dan penegakan hukum terkait lingkungan di wilayah Citarum, Hari ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada PT Elegant, perusahaan yang bergerak dalam bidang pemintalan benang, terkait pengolahan limbah domestik yang di daur ulang.

Sidak ini dilakukan sebagai bagian dari upaya intensifikasi pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan yang berpotensi berdampak negatif pada kualitas lingkungan di wilayah sekitar sungai Citarum. PT Elegant, sedang melakukan  pembangunan instalasi pengolahan limbah domestik berbasis daur ulang, menjadi salah satu sasaran sidak dalam rangka memastikan bahwa proses pembangunan pengolahan limbahnya berjalan sesuai standar lingkungan baik dan benar.

Baca Juga :  Kapolsek Lemahsugih Turun Langsung Berikan Himbauan Prokes ke Pengunjung Obyek Wisata Taman Dinasourus

Selama sidak, tim Satgas Citarum Harum memeriksa fasilitas PT Elegant, termasuk instalasi pengolahan limbah  domestik yang di daur ulang yang sedang di bangun. Mereka memeriksa kelengkapan perizinan, prosedur operasional, dan penggunaan teknologi daur ulang yang akan diterapkan oleh perusahaan ini. Pemeriksaan juga melibatkan pengambilan sampel untuk analisis kualitas air dan limbah.

Dansektor 14 Kolonel Infantri Mohamad Ridwan Satgas Citarum Harum, melalui Sub Sektor Sertu Tateng Suwandi  menyatakan, “Kami memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan di wilayah Citarum mematuhi regulasi lingkungan yang berlaku dan berkontribusi pada pemulihan sungai Citarum yang bersih dan sehat. Sidak ini adalah langkah awal dalam memahami bagaimana PT Elegant mengelola limbah domestiknya.” diharapkan Perusahan perusahaan yang ada di wilayah jatiluhur PT Elegant ini menjadi Contoh dalam pengolahan limbah Domestik. tuturNya

Baca Juga :  Dewan Pakar Apdesi Purwakarta Hadir dalam Acara Diskusi Umum Pembangunan Berbasis Budaya Menuju Desa Mandiri

PT Elegant telah bekerja sama penuh dengan tim Satgas selama sidak ini dan menyambut inspeksi ini sebagai kesempatan untuk menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.
Hal ini diungkapkan oleh Pejabat  Manager Haji Karna hasil sidak ini akan menjadi bahan evaluasi yang dapat membantu perusahaan ini dalam memperbaiki praktik-praktik pengolahan limbahnya. tegas Managert  Haji Karna.

Tim Satgas Citarum Harum berencana untuk terus mengawasi perkembangan situasi di PT Elegant dan perusahaan-perusahaan lain di wilayah Citarum guna memastikan pematuhan terhadap regulasi lingkungan dan keberlanjutan lingkungan yang lebih baik.(Daup Herlambang)

Baca Juga :  Hadiri Talkshow Dansektor 14 Peringati HUT HLH Se-Dunia "Environmental Goals" Solution For Plastic Pollution Atau polusi Plastik Ancaman Nyata