Alumni 1988 SMKN 1 Kota Bandung Adakan Pengajian

Agama Purwakarta

Alumni 1988 SMKN 1 Kota Bandung adakan Pengajian

Bandung Zuritnews – Alunmi 1988 SMKN 1 Gelar pengajian Rutin berkolaborasi. Kajian islami bulan ke-6 Ahad tgl 23 Juni 2024 berlangsung Hidmat atas kolaborasi yang apik MTNI Majelis Ta’lim Nurul Ilmi angkatan 1988 dengan MT IKA/ IKASSABA SMEA 1 Angkatan 1988.

Acara dimulai Pkl 09.00 wib dibuka oleh Mc. Nita Ridha alumni Pasundan 3 Badung bertemakan Penyakit Hasad, Akibat dan Cara Pencegahannya disampaikan oleh al ustdz Dicky Sulaeman, S.Pd.l Masdjid Al Ahqoof SMKN 1 Jln. Wastukencana No. 3 Bandung. Dihadiri oleh 43 sekolah se-Bangdung Raya alumni angkatan 1988 sebanyak 155 orang. Lalu sambutan oleh Ketua MTNl lwan Efendy asal SMAN 12 Bandung, menekankan di usia yang rata-rata sudah memasuki 55 tahun untuk lebih membuka diri memperbanyak kawan teman diskusi atau sekedar hiburan yang bermanfaat.

Sambutan berikut oleh Ketua IKASSABA Hetty Rachmawaty, menyampaikan kebahagiaannya dan rasa bangga serta bersyukur bisa menjadi tuan rumah dalam agenda kajian islami bulanan. Mengisahkan dengan koordinasi dan komunikasi yang baik alumninya bisa membangun mesjid Al Ahqoof dengan swadaya dari para alumninya serta membentuk Koperasi yang sangat banyak manfaatnya bagi anggota Koperasi alumni SMEA 1 Bandung.

Pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Lela Nurlaela asal SMAN 7 Bandung dan Saritilawah oleh Nita Darmawati asal SMAN 7 Bandung. Sementara Ketua lKA SMEA 1 Kang Cucu Gumilar menuturkan dengan diadakannya kajian islami di setiap sekolah SMA/SLTA se-Bandung Raya adalah suatu kegiatan positif yang akan memperkokoh tali silaturahmi sesama angkatan 88 dan memperkaya wawasan khasanah ilmu keislaman menandaskan. Yoeni perwakilan dari jama’ah asal SMA Kartika Candra berpandangan tema yang di pilih sangat pas untuk dijadikan kajian, mengingat jaman sekarang kehidupan di masyarakat cenderung hedonis dengan menghadiri kajian islami merasa terbantu membuka wawasan tentang penyakit hati dan pencegahannya.

Baca Juga :  Kesulitan Ekonomi Masa Pandemi Covid 19 Terselesaikan, Udin (60) Peternak Lele Berhasil Berkat Pelatihan Dari Dansektor 15 Satgas Citarum Harum

PENYAKIT HASAD, AKIBAT DAN CARA PENCEGAHAN NYA

Disebutkan kata baginda nabi Muhamad Saw… Barang siapa yg keluar untuk mencari ilmu, maka dia ada di jalan Allah sampai pulang, dan orang yg rajin bersilaturahim, akan di panjang kan umur nya serta di berikan rezeki yg berkah.
Sebaik baik nya manusia adalah yg panjang umur nya serta baik amal nya.
Seburuk buruk nya manusia adalah yg panjang umur nya serta buruk amal nya.
Kelak ketika hari kiamat akan di tanya dalam 4 hal yaitu :
1.tentang Umur
2.tentang Ilmu
3.tentang Harta
4.tentang Jasad
Sesungguh nya di dalam jasad itu ada segumpal daging, apabila daging itu baik maka baik pula yg lain nya, apabila daging itu buruk maka buruk pula yg lain nya. Yang di maksud daging itu adalah hati
Hasad itu termasuk penyakit hati.
Menurut ulama di katakan, bahwa hasad itu adalah berharap hilang nya nikmat Allah kepada orang lain, baik berupa nikmat harta, kedudukan, ilmu dan lain lain. Jadi orang yg hasad itu berharap hilang nya nikmat Allah keada orang lain. Susah melihat orang lain senang, senang melihat orang lain susah, itu adalah sifat hasad.
Di dalam Alquran, Allah mengingat kan agar kita jangan iri terhadap karunia yg Allah berikan kepada yg lain nya, karena apa? Karena setiap manusia itu berbeda beda, tentu nya kita harus belajar bersyukur, tidak usah iri terhadap apa yg sudah di dapat dari Allah.
Macam macam hasad :
1.Hasad yg tercela
Yaitu ketika dia tidak senang terhadap nikmat orang lain, kemudian dia berupaya menghancur kan nikmat itu, bahkan akan berusaha menghancur kan dengan menggunakan sihir.
2.Hasad yg tidak berdosa
Yaitu hasad nya hanya di simpan di hati, tp tentu ini masalah, kalau orang banyak menyimpan hasad nya di hati maka hidup nya akan tersiksa.
3.Hasad yg tidak merusak
Ada hasad yg terkait dalam urusan dunia, ada hasad yg terkait dalam urusan agama.
4.Hasad yg di perboleh kan
Yaitu ketika ada seseorang yg memiliki harta yg banyak dan dia pandai bersedekah atau dermawan, kita boleh iri kepada nya dan kita harus ada keinginan untuk seperti itu.
Orang yg memiliki hasad buruk berarti orang tersebut orang yg tidak bersyukur.

Baca Juga :  BERSIKAP NETRAL DALAM MENGHADAPI PILPRES DAN PILEG, DANREM O63 SUNAN GUNUNG JATI KOLONEL ARM MARYUDI S.Sos

Kajian ditutup dengan doa bersama, dilanjutkan dengan foto bersama serta pembagian door prize berupa voucher dari AMININ Travel Haji & Umroh dan menginap di Ahadiat Hotel dan Bungalow bagi mereka yang beruntung. Juga yang setia hadir dalam setiap kajian islami bulanan Hydrogen Water dari Teh Dewi Salamah asal SMAN 14 Bandung. Kajian berikutnya di bulan Juli pengurus mengagendakan out door tadabur alam diharapkan memberikan suasana sensasi lain di Banjaran Bandung Selatan.(***)