Musrenbang Tingkat Kecamatan Jatiluhur Membahas Penguatan Sosial Ekonomi Masyarakat dan SDM Profesional Tahun 2024

Pemda Purwakarta

Musrenbang Tingkat Kecamatan Jatiluhur Membahas Penguatan Sosial Ekonomi Masyarakat dan SDM Profesional Tahun 2024

Purwakarta Zuritnews – Pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan JATILUHUR Kabupaten Purwakarta  yang dilaksanakan hari ini, Rabu Tanggal 21 Febuari 2024 di Aula Taman Cikao Park ” penguatan aspek sosial ekonomi masyarakat dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) profesional ” menjadi fokus utama.

Pelaksana Musrenbang Camat Jatiluhur Endang Saepudin  SKM menyampaikan komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang menggerakkan perekonomian lokal. “Kami berupaya membangun sinergi antara sektor ekonomi dan sosial guna meningkatkan taraf hidup masyarakat,” Pengendalian angka stunting, penanganan angka kemiskinan ekstrem, peningkatan kapasitas SDM pemdes.
Program prioritas yang juga menjadi fokus bersama pembuatan drainase jalan, pembuatan penerangan jalan umum
perbaikan jalan lingkungan yang rusak
Itu sebagian besar kegiatan-kegiatan yang di usulankan oleh Desa melalui Musrenbang ke Dinas terkait

Baca Juga :  Pemkab Purwakarta Peringatkan Jam Operasional Kafe dan Restoran

Salah satu program unggulan adalah pengembangan kewirausahaan lokal dengan memberikan pelatihan dan akses ke semua usaha bagi warga. Hal ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru dan menggerakkan roda ekonomi di tingkat lokal Desa dan Kecamatan Jatiluhur.

Selain itu, peningkatan SDM juga menjadi prioritas. Dalam rangka mendukung kemajuan sektor industri dan bisnis, program pelatihan dan pendidikan vokasional akan diperkuat. “Kami ingin melahirkan SDM yang profesional dan siap bersaing di era global,” tambah Camat  Endang Saepudin SKM

Para peserta Musrenbang memberikan masukan dan saran yang bernilai untuk perencanaan pembangunan ke depan. Proses partisipatif ini diharapkan dapat menciptakan kebijakan yang lebih inklusif dan berdaya guna bagi seluruh lapisan masyarakat di Kecamatan Jatiluhur.

Baca Juga :  5 Nama Balon Ketua APDESI Periode 2022 - 2025 Versi ZURITNEWS.COM

Hadir dalam Musrenbang Kecamatan Jatiluhur,  Muspika, Kapolsek, Danramil, Para Kepala Desa se-Kecamatan, Ketua LPM se- Kecamatan, Ketua BAMUSDES se – Kecamatan, Kepala Puskesmas Jatiluhur, Ketua MUI, Kepala KUA, Ketua Karang Taruna Kecamatan Jatiluhur, Ketua TP PKK Desa,  Kader Pos Yandu, Kades PL KB dan Jajaran Pemcam Jatiluhur.
Sedangkan hadir juga Dinas terkait seperti;  Dinas Bapedalitbang,Disperkim Disnaker,  Dinas Pendidikan, DPUTR, Dispora Bid Pariwisata  DLH,DISHUB.

Dalam Musrenbang Kecamatan Jatiluhur  kehadiran Muspika, Dinas Bapedalitbang, Disperkim, Disnaker, DPUTR, Dispora, Bidang Pariwisata, Puskesmas Jatilhur, KUA, DLH, dan DISHUB menunjukkan komitmen kolektif untuk merumuskan perencanaan pembangunan yang holistik.

Partisipasi aktif berbagai pihak ini diharapkan dapat memberikan pandangan komprehensif terkait penguatan sosial ekonomi masyarakat dan pengembangan SDM profesional. Keterlibatan instansi seperti Disnaker akan memperkuat aspek ketenagakerjaan, sementara Dispora dan bidang pariwisata dapat menjadi kunci peningkatan potensi wisata lokal.

Baca Juga :  KCIC Serah Terimakan Jalan Cilegong-Cikao Bandung

Muspika hadir sebagai representasi pemerintahan kecamatan, menunjukkan koordinasi antarinstansi yang erat dalam merumuskan kebijakan yang berdampak positif bagi masyarakat. Semoga sinergi ini dapat menghasilkan program-program yang efektif dan berkelanjutan untuk kemajuan Kecamatan Jatiluhur Tahun 2024. Tegas Camat Jatiluhur Endang Saepudin SKM (Daup Herlambang)