Sektor 14 Citarum Harum Cek IPAL PT Urase Prima Jatiluhur Usaha Pencelupan Pewarnaan Kain

Peristiwa Purwakarta

PURWAKARTA Zurit News – Sektor 14 Satuan Tugas Citarum Harum akan terus gencar melakukan pengecekan pada perusahaan atau pabrik di Sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang berada di wilayah Sektor 14.
Hal itu guna memastikan keseriusan pelaku Usaha dalam mematuhi aturan lingkungan dalam hal pengelolaan limbah industri,terutama limbah Cair yang dibuang ke aliran Sungai
Setidaknya ada 10 Perusahaan yang menjadi Pengawasan Sektor 14 Citarum Harum.

CEK IPAL PT URASE PRIMA


Hari ini Rabu, 31 Mei 2023 Sektor 14 melaksanakan pengecekan IPAL di PT Urase Prima yang beralamat di Jl. Industri Desa Cibinong Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta. PT Urase Prima bergerak dalam bidang usaha pencelupan atau pewarnaan Kain.
Pengecekan IPAL merupakan salah satu tugas Satgas Citarum Harum, khususnya Sektor 14.
Dari hasil Pengecekan air limbah di PT Urase Prima,berupa proses pengolahan air limbah dan hasil analisa ada unsur yang tidak sesuai dengan baku mutu yang sudah ditetapkan (Permen L HK Nomor P.16/Men L HK/Setjen/Kum/ Tahun 2019 )tentang Baku mutu air limbah bagi usaha atau kegiatan Industri Tekstil.
Adapun hasil pengecekan tersebut di antaranya nilai kepekatan warna diangka 229 Ptco sedangkan baku mutu yang sudah di tetapkan adalah Maksimal 200 Ptco untuk debit air harian diatas 1000 meter kubik,
Hal-hal lain yg perlu di evaluasi adalah
1) Tenaga Ahli di IPAL kurang menguasai,
2) Tidak ada ruangan khusus atau kantor untuk pegawai dibagian Ipal,
3) Air limbah yang keluar masih tampak berbusa.,
Adapun Tim yang melaksanakan Sidak terdiri dari Baops Sektor 14,Dansub 1 beserta anggota dan Tenaga Ahli IPAL serta Tim media, sedangkan dari pihak perusahaan yang mendampingi HRD dan GA Bapak Asep dan Bapak Rahmat sebagai penanggung Jawab di IPAL.(daup Herlabang)

Baca Juga :  Unit PPA Sat Reskrim Polres Majalengka Amankan 3 Pria Cabuli Gadis 15 Tahun