Sektor 14 Lakukan Pengecekan IPAL, Keseriusan Pelaku Usaha Dalam Mematuhi Aturan Lingkungan Hal Pengelolaan Limbah

Peristiwa Purwakarta

PURWAKARTA Zurit News – Sektor 14 Satuan Tugas Citarum Harum akan terus gencar melakukan pengecekan pada perusahaan atau pabrik di Sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum yang berada di wilayah Sektor 14,dengan Berpedoman pada Perpres nomor 15 Tahun 2018,Tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Citarum.
Hal itu guna memastikan keseriusan pelaku Usaha dalam mematuhi aturan lingkungan dalam hal pengelolaan limbah industri,terutama limbah Cair yang dibuang ke aliran Sungai.
Hari ini Senin, 26 Juni 2023 Sektor 14 melaksanakan pengecekan IPAL di PT Multi Warna Karpet dan PT Texfiber Indonesia yang beralamat di Jalan Lurah Kawi Desa Cikaobandung Kecamatan Jatiluhur kabupaten Purwakarta.

Baca Juga :  SATGAB 14 Gencar Laksanakan Sosialisasi Penertiban KJA Over Kapasitas di-Izinkan 11.306 Petak Kondisi Saat Ini Diangka 46.000 Lebih Petak KJA

Merujuk kepada Peraturan menteri lingkungan hidup dan Kehutanan Republik Indonesia nomor 5 Tahun 2014, tentang Baku mutu air Limbah.

Dari Hasil pengecekan Uji baku mutu air limbah di PT Multi Karpet,yang memproduksi Karpet,sudah memenuhi Baku mutu air Limbah yang sudah ditetapkan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun atau disingkat Limbah B3 diambil Oleh Pihak ke 3 yang sudah mengantongi Izin dari pemerintah.

Sedangkan di PT Texfiber Indonesia perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha Pemintalan Benang dari hasil penelusuran dan pengecekan serta keterangan dari HRD,perusahaan ini tidak mengeluarkan Limbah Cair dan untuk limbah cair Domestik diambil oleh pihak ke 3 yang resmi tentunya.Dengan demikian Kedua perusahaan yang disidak hari ini sudah mematuhi regulasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, dan berharap kedepan akan terus berkomitmen untuk turut berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan hidup disekitarnya.

Baca Juga :  DBHCHT Cover Puluhan Ribu JKN Masyarakat Purwakarta

Tim yang melaksanakan Sidak kali ini dari Satgas Citarum Harum Sektor 14 terdiri dari Baops,Dansub 1, Provost,Tim Ahli IPAL,Babinsa dan dari Media.
Sedangkan perwakilan dari perusahaan yang turut mendampingi langsung dari HRD dan GA beserta Stafnya.(Daup Herlambang)