Hadiri Talkshow Dansektor 14 Peringati HUT HLH Se-Dunia “Environmental Goals” Solution For Plastic Pollution Atau polusi Plastik Ancaman Nyata

Peristiwa Purwakarta

PURWAKARTA Zurit News – , Dansektor 14 Citarum Harum, Kolonel Infanteri Mochamad Ridwan S.I.P,hari ini Kamis tanggal 15 Juni 2023 menghadiri Acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia,dengan tema
Solution For Plastic Pollution atau (Solusi Untuk Polusi Plastik), mengusung kampanye beat plastic pollution, mengetahui polusi plastik adalah ancaman nyata yang berdampak pada setiap komunitas di seluruh dunia.
Melalui Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, Naradamping Citarum
Harum, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta dengan pelaku usaha
dan/atau kegiatan, bekerjasama menyelenggarakan Talkshow dengan tema
“Environmental Goals” tentang bagaimana pengelolaan lingkungan diantaranya
pemanfaatan sampah plastik untuk keberlanjutan Citarum Harum dan Cilamaya
Herang, menghadirkan narasumber dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Daerah, Akademisi dan Penggiat lingkungan.
Acara ini diselenggarakan di Komplek perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta yang bertempat di Bale Sawala Yudistra,Jalan Ganda Negara Nomor 25, Kelurahan Nagrikidul, Kecamatan Purwakarta,Kabupaten Purwakarta.
Adapun Tamu Undangan Yang hadir dalam acara tersebut diantaranya,Ka Bapelitbangda,kadis LH,kadis Pangan dan Pertanian, dan OPD terkait lainnya.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dansektor 13 yang diwakili BAOPS Serka Sobur dan Dansektor 15 yang diwakili PASIOP Lettu Arm Pitono,Serta Camat dan Kepala Kelurahan maupun Kepala Desa se-kabupaten Purwakarta.Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia dan Ketua Asosiasi Klinik, Perusahaan-perusahaan yang di sekitar Das Citarum dan Das Cilamaya,lembaga Pengelola sampah mandiri dan Penggiat lingkungan di Kabupaten Purwakarta.
Acara Talk show diawali dengan Sambutan oleh Nara damping dalam Hal ini Sekda Kabupaten Purwakarta H. Norman Nugraha,S.Si.,MM.,dan dilanjutkan dengan Acara inti dari Talk Show yang diawali pemaparan dari Perwakilan Perusahaan di Daerah Aliran Sungai ( DAS ) Citarum yakni PT.South Pacific Viscose Lenzing.Lenzing Group adalah perusahaan internasional yang memproduksi serat berkualitas tinggi dari bahan baku alami terbarukan, ramah lingkungan dan berteknologi inovatif.
Perwakilan perusahaan dari DAS Citarum berikutnya adalah dari PT Indorama yang memaparkan profile perusahaan dan juga kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan dan kerjasamanya dengan Satgas Citarum Harum Sektor 14.
Sedangkan perwakilan perusahaan dari DAS Cilamaya yakni dari PT purinusa Eka persada yang memproduksi Box Packaging atau yang Lazim kita sebut Kardus, dan dilanjutkan pemaparan dari Perwakilan PT Gistex yang bergerak dalam bidang usaha Textile dan pencelupan dan pembuatan kain.
Pegiat lingkungan kali ini diwakilkan kepada Bank sampah yang memaparkan capaiannya dalam membantu pengurangan sampah dihulu.
Tanggapan dari para narasumber yakni dari Kadis LH Kabupaten Purwakarta,Bapak Deden Guntari,kadis LH Provinsi Jawa Barat Dr. Ir. Prima Mayaningtyas,M.Si.,dan Akademisi Ir. Edwan Kardena, Ph.D dari ITB.
Dan diakhiri dengan acara sesi Foto Bersama.

Baca Juga :  Pasar Rebo Buka Setengah Hari, Dilakukan Penyemprotan Disinfektan di-Area Pasar