Ngobrol Hangat Dengan Kuncen Sonokeling di Saung Peradaban Agrowisata Hutan Kota Sonokeling

Pariwisata Purwakarta

Daup Herlambang melaporkan hari ini  Sabtu 2 September 2023 – Saung Peradaban Sonokeling  di Desa Ciwareng Kecamatan Babakan Cikao Kabupaten Purwakarta Jawa Barat.

Purwakarta Zuritnews – Pagi ini, Saung Peradaban sonokeling yang terletak di kawasan AGROWISATA HUTAN KOTA Sonokeling, ditengah kota Purwakarta tepatnya berada di Desa Ciwareng kecamatan babakan cikao, menjadi saksi dari sebuah ngobrol hangat yang sangat istimewa. Seorang kuncen (penjaga) hutan Sonokeling, Pak Rian Wangsadireja  berbagi wawasan dan cerita mengenai pentingnya pelestarian lingkungan dengan sejumlah tamu yang datang berkunjung.

Rian wangsa direja salah satu kuncen hutan Sonokeling mengatakan bahwa hutan Sonokeling adalah harta yang sangat berharga bagi masyarakat setempat. “Hutan Sonokeling bukan hanya tentang kayu yang indah, tetapi juga tentang menjaga keseimbangan ekosistem, perlindungan terhadap satwa, dan tetap mempertahankan petani lokal hutan turut menjaga keberlangsungan budaya lokal,” kata Pak Rian Wangsadireja  dengan penuh semangat.

Baca Juga :  Dansektor 14, Sidak PT JOL Desa Jatiluhur, Berikan Sanksi 2 Minggu Agar Menyelesaikan Ijin dan IPAL

Para tamu yang hadir, termasuk beberapa mahasiswa lingkungan dari berbagai universitas ternama yang sedang berkunjung ke kawasan hutan sangat terinspirasi oleh pengetahuan dan komitmen kuncen Sonokeling Rian wangsa direja  terhadap pelestarian hutan Sonokeling yang berada ditengah kota Purwakarta. Mereka juga berdiskusi tentang pelestarian hutan di era modern dan bagaimana masyarakat dapat berperan aktif dalam melestarikannya.

“Ketika kita berbicara tentang pelestarian lingkungan, kita tidak hanya berbicara tentang masa depan kita, tetapi juga masa depan generasi yang akan datang,” ujar Dani Regiana salah satu mahasiswa yang hadir.

Baca Juga :  KOPI MANIS; Tidak Ada Kata Menyerah Dalam Memerangi Bahaya Narkoba.

Hadir ketua Yayasan Daup Herlambang yang telah mendapatkan hak garapan dari Perum Perhutani KPH kabupaten Purwakarta dengan ditandai Perjanjian Kerjasama ( PKS ) dengan  Yayasan.
Ngobrol yang hangat dan penuh makna ini menekankan betapa pentingnya pendidikan dan kesadaran lingkungan dalam melindungi hutan-hutan yang berharga seperti Sonokeling. Para tamu berharap bahwa lebih banyak orang akan terinspirasi untuk mengambil tindakan nyata dalam menjaga kelestarian hutan ini setelah berbicara dengan Pak Rian Wangsa Direja  di Saung Peradaban yang penuh pesona ini.

Baca Juga :  Bupati & Forkopimda Adakan Rapat Koordinasi Cegah Kerumunan Malam Takbiran, Petugas Tutup Akses Jalan Menuju Perkotaan

Percakapan ini memicu semangat untuk melestarikan alam dan memahami hubungan harmonis antara manusia dan lingkungan. Saung Peradaban sonokeling tetap menjadi tempat yang unik dan penting dalam upaya pelestarian hutan Sonokeling yang indah dan berharga.(Daup Herlambang)