Pemerintah Daerah (PEMDA) Mengambil Langkah Relokasi Warga Pasca Banjir dan Longsor Untuk Menjamin Keselamatan

Peristiwa Purwakarta

Purwakarta Zuritnews – Sabtu 13 Januari 2024 Dinas /DPUTR, Camat, Danramil, Kopolsek, dan Warga Perumahan juga Pengembang PT 3 PILAR, PT. BUMI CIBARUSA INDAH mengadakan rapat/mediasi atau musyawarah dalam mengambil kesepakatan akan relokasi warga dampak banjir longsor lumpur dilaksanakan di Aula Kecamatan Jatiluhur.

PEMDA/Dinas setempat telah mengambil langkah proaktif dengan melakukan relokasi warga yang terkena dampak banjir dan longsor susulan. Keputusan ini diambil sebagai upaya untuk memberikan kesempatan aman kepada penduduk yang terdampak bencana alam, dengan harapan dapat melindungi mereka dari potensi risiko lebih lanjut/ Korban Jiwa yang tidak diharapkan.

Baca Juga :  Bupati Anne Himbau Panitia Kurban Gunakan Material Ramah Lingkungan Bagikan Hewan Kurban

Langkah ini menjadi bagian dari strategi pemerintah daerah dalam mengatasi konsekuensi bencana dan menjaga kesejahteraan masyarakat yang berada di Perum Vila Jatiluhur Desa Jatimekar Kecamatan Jatiluhur.

Langkah-langkah ini diambil demi menghindari korban jiwa akibat bencana alam, menunjukkan perhatian serius pemerintah daerah terhadap keselamatan warga. Relokasi penduduk menjadi upaya preventif guna mengurangi risiko dan merespons cepat situasi darurat, menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi seluruh warga.

Mediasi /Rapat antara Dinas, Camat, Kapolsek, Danramil, UPTD. dan Warga kena Dampak Banjir Lumpur Juga Pengembang Perumahan menghasilkan kesepakatan diantaranya;
Kesiapan kedua belah pihak, yaitu pemerintah dan pengembang, untuk melakukan relokasi warga ke tempat yang lebih aman adalah langkah positif. Kerjasama ini mencerminkan tanggung jawab bersama dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat, serta menunjukkan responsibilitas terhadap kondisi lingkungan yang rentan terhadap bencana. Tutur KADIS PUTR. RIAN

Warga Forum BUMI VILA JATILUHUR mengharapkan akan kontribusi dari pihak pengembang terutama dari PT 3 PILAR yang selama ini masih belum kelihatan nampak dan nyata, belum ada kontribusinya sama sekali, tetapi kesanggupan untuk relokasi warga korban banjir lumpur kali ini ada itikad baik. Jauh sebelumnya Kontribusi dari PT BUMI VILA JATILUHUR sangat membantu dengan adanya Peduli Hati yang tempo hari telah dilaksanakan oleh Direktur BVJ saat datang langsung ketempat kejadian banjir longsor lumpur. Warga pun sangat terbantu. Tutur FORUM BVJ.(Daup Herlambang)