Edukasi Ekonomi Kerakyatan Perangi Bank Emok, Reses Hidayat S.Th.i

Politik Purwakarta

Zuritnews – Reses kali ini Anggota DPRD Purwakarta dari Partai PKB Hidayat S.Th.I selain menjaring aspirasi juga memberikan edukasi terkait ekonomi kerakyatan yang digelar di Aula Desa Cianting Utara. Senin 22 Agustus 2022.

Menjawab pertanyaan dan usulan warga masyarakat terkaitnya dengan perkembangan diwilayah Desa telah masuknya Bank Emok membuat sengsara yang kelihatan membantu tetapi sebenarnya penindasan.

Hidayat; sangat prihatin terkait beredarnya Bank Emok diwilayah Desa Cianting Utara yang begitu menjamur dan membuat sengsara perlu adanya penguatan ekonomi kerakyatan adalah sistem ekonomi yang pelaksaannya berdasarkan pada kepentingan serta kemakmuran rakyat.

Ekonomi kerakyatan merupakan sistem ekonomi yang diharapkan dapat ditegakan di Indonesia sehingga didapat manfaat untuk bersama bukan hanya bagi salah satu pihak saja.

Baca Juga :  GRAND FINAL MOJANG JAJAKA, 6 PASANG TERPILIH DUTA WISATA, SENI, BUDAYA PURWKARTA

Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional”
Sistem ekonomi kerakyatan merupakan senjata ampuh untuk melumpuhkan ancaman di bidang ekonomi dan memperkuat kemandirian bangsa.

Warga Desa Cianting Utara di Dominasi Oleh Kaum Ibu
Saat Menghadiri Reses Anggota DPRD

Wujud nyata bisa mengembangkan perbangkan bekerjasama dengan BUMDES, salah satunya mengembangkan kerajinan yang berkualitas bisa menjadi nilai jual yang dapat bersaing dipasaran, ini perlu adanya pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sehingga ekonomi kerakyatan mengatur agar produksi penting yang menguasai hidup orang banyak harus dikuasai oleh masyarakat Desa Cianting Utara dan tidak jatuh ke tangan seseorang yang berkuasa sehingga menyebabkan Oligarki dan penindasan rakyat.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Covid 19 RT 01/04 Tegal Junti Lakukan Penyemprotan Disinfektan.

Salah satu contoh menjamurnya Bank Emok yang sudah mulai masuk ke wilayah Desa Cianting yang menyebabkan terpuruknya ekonomi. Cara untuk memerangi Bank Emok masuk ke wilayah perdesaan  pemerintah Daerah Bekerjasama dengan Desa melaui BUMDES dalam penguatan ekonomi masyarakat Desa pengajukanuntuk diadakan pelatihan  pengembangan kerajinan yang bisa membantu dan menambah penghasilan kelurga. Tutur Hidayat

Hidayat; dalam hal ini siap membantu dalam pengembangan ekonomi kerakyatan di Desa Cianting Utara. Bekerjasama antara Pemerintahan Desa melalui Bumdes untuk ditindak lanjuti lebih lanjut mengadakan pelatihan pengembangan kerajinan. Melihat dari geografis Desa Cianting Utara dari segi otonomi Desa kurang menunjang dan Pendapatan Asli Desa benar benar minim sekali tidak seperti Desa desa lain yang berada di-Kabupaten Purwakarta. Pungkas Hidayat

Baca Juga :  Truk Fuso Sered Minibus Plat Merah Hingga Roda Depan Patah

Hadir dalam acara Reses Anggota DPRD Purwakarta, tidak kurang dari 200 Orang , Sekdes, Tokoh Masyarakat, Agama, Pemuda, bukti antusias dari warga masyarakat Desa Cianting Utara.