Pelatihan Literasi Keuangan Tingkat Dasar dan Lanjut, Diikuti 29 Pemuda Tani

Peristiwa Subang

Subang.Zuritnews – Sebanyak 29 pemuda tani yang ada di Kecamatan Cibogo mengikuti pelatihan literasi keuangan tingkat dasar dan lanjut dari tanggal 5 – 6 Oktober 2021 yang bertempat di aula  UPTD Pertanian Kecamatan Cibogo.        

Tujuan dari pelatihan adalah upaya peningkatan kesejahteraan petani terus dilakukan. Diantaranya dengan menambah pengetahuan dan keterampilan petani muda dalam berwirausaha di bidang pertanian.

Kementerian Pertanian bekerjasama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Kegiatan di hadiri Tim Monev yess Kabupaten Subang, Fasilitator, Mobilizer, Korluh BPP Cibogo, Mentor, serta Puluhan pemuda tani Kecamatan Cibogo, kegiatan ini menerapkan anjuran Pemerintah Daerah menggunakan prokes 3M covid 19.

Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Cibogo  H. Haris Ismail S.TP. MM. menyebut, di gelarnya kegiatan pelatihan ini adalah supaya mereka para peserta pemuda tani ini mengenal tata cara bertani dan mengelola keuangan serta dapat meneruskan atau regenerasi di bidang pertanian.

Baca Juga :  SMPN 1 Cibogo Gelar Wisuda Dan Pelepasan Kelas IX Angkatan Ke 36

Menurutnya, tujuan pelatihan ini adalah agar mereka para petani muda memahami program pertanian untuk mengembangkan ilmu ketika nanti terjun ke tengah- tengah lingkungan masyarakat petani di wilayahnya masing- masing, dari sekarang kita bekali dengan ilmu pertanian,” Katanya.

” berharap kedepan para peserta pemuda tani yang sudah dibekali ilmu dalam program pertanian ini semoga mereka dapat mengembangkan ilmu yang di berikan oleh fasilitator, mobilizer, dan mentor, yang memberikan pemahaman dalam ilmu pertanian, artinya para peserta agar dapat memberikan edukasi kepada para petani ketika nanti terjun ke tengah- tengah masyarakat petani,” imbuhnya.

Sana Handiatna sebagai fasilitator saat ditemui mengatakan, Kegiatan Pelatihan Literasi Keuangan Tingkat Dasar dan Kelanjutan ini merupakan kegiatan yang pertama kali di lakukan, di Kecamatan Cibogo sementara dari tahun 2019 kita pendataan dulu sebanyak 114 orang dan selanjutnya kita lakukan pelatihan, semetara yang mengikuti pelatihan sebanyak 29 orang itu adalah anggota tani ,”katanya.

Baca Juga :  Subsektor 2 dan 1 Satgas Citarum Harum Sektor 14, Laksanakan Kegiatan Rutin Karya Bhakti Bersihkan Sungai

Dia menyebut, bahwa anggota tani ini sekaligus sebagai CPCL dan selanjutnya jadi CPM, Kegiatan kita bekerja sama dengan Fasilitator, Mentor, BDSP, dan Mobailizer, hal ini kita kembali kepada program yess serta kepada pemuda tani,

” tujuan pelatihan ini adalah untuk mencetak pemuda tani yang handal, sementara para petani yang ada sudah pada tua kita cetak generasi muda yang memiliki kemauan yang tinggi,” ujarnya.

Kementan bekerja sama dengan IPAD Membuat program Yess untuk mencetak generasi pemuda tani artinya pertanian jangan sampai berhenti, sementara sasarannya adalah para pelaku usaha yang sudah memiliki usaha tani serta yang minat kepada pertanian, kita sebagai fasilitator akan memudahkan CPCL ini agar mendapatkan permodalan di samping adanya pelatihan kita membentuk kewirausahaan mandiri.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Covid 19, Perum Dian Anyar Lakukan Penyemprotan Disinfektan, Di Masjid & Lingkungan Serta Berlakukan 3 M

Saya berharap kepada semua komponen yang tergabung di dalamnya semoga program pemuda tani yang ada di wilayah Kecamatan Cibogo berhasil dan mendapatkan yang terbaik,” pungkasnya.( Sun / Mul)