Satgas Citarum Harum Sektor 14 Lakukan Patroli, Sosialisasi Penertiban KJA dan Kebersihan Waduk Jatiluhur

Peristiwa Purwakarta

Satgas Citarum Harum Sektor 14 Lakukan Patroli, Sosialisasi Penertiban KJA dan Kebersihan Waduk Jatiluhur

Purwakarta Zuritnews – Dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan kebersihan Waduk Jatiluhur, Satgas Citarum Harum Sektor 14,terus melakukan langkah-langkah preventif. Pada hari ini, Senin tanggal 22 April 2024 tim patroli dari Satgas Citarum Harum melaksanakan kegiatan patroli yang meliputi sosialisasi terbatas dari pintu ke pintu tentang penertiban Keramba Jaring Apung (KJA) serta pentingnya menjaga kebersihan waduk itu sendiri.

Patroli ini merupakan bagian dari strategi terpadu Satgas Citarum Harum dalam menjaga ekosistem dan kualitas air di sekitar Waduk Jatiluhur. Melalui sosialisasi pintu ke pintu, masyarakat sekitar waduk diberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai urgensi penertiban KJA dan dampaknya terhadap lingkungan.

Baca Juga :  FORUM OSIS MPK PURWAKARTA (FOMPA) Gelar Acara "Bersinergi Bersama Untuk Meningkatkan Kapasitas Diri dan Wujudkan Cita-cita" Untuk Peserta Pelajar Sekabupaten

Menurut Dansektor 14, Kolonel CZI Bambang Prasetyo Satgas Citarum Harum, melalui Baops Serda Abdullah dan jajaran; keberadaan KJA yang tidak teratur dapat mengganggu ekosistem perairan dan mengancam keberlangsungan sumber daya ikan di waduk tersebut. Oleh karena itu, penertiban KJA menjadi salah satu prioritas dalam upaya menjaga keseimbangan ekologis waduk Jatiluhur Kabupaten Purwakarta.

Selain itu, sosialisasi tentang kebersihan waduk Jatiluhur juga menjadi fokus utama patroli ini. Masyarakat diajak untuk turut serta dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar waduk, dengan membuang sampah pada tempatnya serta menghindari perilaku yang dapat merusak ekosistem perairan waduk dan daerah aliran sungai.

Baca Juga :  Bantu Siswa Belajar Daring, Mahasiswa UPI Fasilitasi Wifi & HP

Dalam kesempatan ini, Satgas Citarum Harum Sektor 14, juga menghimbau masyarakat untuk aktif melaporkan kegiatan yang mencurigakan atau melanggar aturan terkait penertiban KJA dan kebersihan waduk kepada pihak berwenang.

Kegiatan patroli ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam, serta mendorong partisipasi aktif dalam upaya pelestarian Waduk Jatiluhur untuk generasi mendatang. Tutur Baops Serda Abdullah.(Daup Herlambang)