Satgas Citarum Harum DanSektor 15, Laksankan DEMPLOT Ikan Lele Dalam Menjaga Ketahanan Pangan

Peristiwa Purwakarta

Zuritnews.com – Dalam upaya percepatan, pengembalian, pengendalian pencemaran dan kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum di – Kabupaten Purwakarta, Satgas Citarum Harum DanSektor 15 melaksanakan kegiatan  DEMLOT Pembibitan Ikan Lele dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat.  

DanSekto 15, Kolonel Inf Opan Sopandi melalui Lettu Arm Pitono sebagai Pasiops DanSektor 15, bersama seluruh anggota Subsektor, hadir juga  Babinsa  Desa Cicadas Eko.

Pitono ” menjelaskan dalam menjalankan  tufoksi sebagai satgas citarum harum yaitu melaksankan percepatan perbaikan pengembalian Citarum Harum dan  bersinergi dengan masyarakat “.  Kamis 2 September 2021.

Kegiatan Program Citarum Harum dalam percepatan pengembalian lahan kritis di-daerah Sungai Citarum dengan pembuatan dan merawat Demlot dan pembitan pohon keras dan palawija,  selain itu juga mengajak warga masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan yaitu melalui DEMPLOT Pembibitan Ikan Lele.

Melalui Anggota Dansektor 15, Praka Saef Fajarudin merupakan dari Kesatuan Yon Armed 04. 105 Parahyangan sebelumnya mengikuti pelatihan di Bogor di-Balai Besar  Perikanan Pembibitan Ikan dalam melaksanakan tufoksi sebagai Satgas Citarum Harum juga memberikan pendidikan dan pelatihan pembibitan ikan lele bagi warga masyarakat, di kampung Sawah Rt 11/05  Desa Cicadas Kecamatan Babakan Cikao.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Covid 19 RT 01/04 Tegal Junti Lakukan Penyemprotan Disinfektan.

Dalam mengaplikasikan tugas dan bersinergi terhadap masyarakat binaan dalam menjaga ketahanan pangan yang berada dibawah wilayah Sektor 15 Citarum harum. Ucap Lettu Arm Pitono.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah 20210902_123332.jpg

Anggota Personel Dansektor 15 Praka  Saef Fajarudin menjelaskan dalam mengaplikasikan kegiatan citarum harum terhadap masyarakat di sekitar Daerah Aliran Sungai Citarum,  memberikan pelatihan dan pendidikan bagaimana cara beternak ikan lele yang benar dengan biaya yang tidak terlalu mahal tetapi mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

Praka Saef Fajarudin bersama dengan seluruh anggota Dansektor 15, hari ini melakukan panen ikan lele dan warga masyarakat dalam menjalan tufoksi yaitu sebagai satgas citarum harun juga membantu ketahanan pangan, bagaimana cara beternak ikan lele yang benar dan dapat mendapatkan hasil yang memuaskan. Mulai dari memilih bibit ikan lele yang baik, pembibitan, sampai pada pembesaran hingga membuat pakan dan formula bersama warga.

Baca Juga :  Ketum FKBPPPN Fadlun Abdilah Menagih Janji Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Terkait Kabar Pasti Nasib Satpol PP Non PNS ke-depan

Pelatihan ini disambut baik oleh petani ikan lele yang berada di Kampung Sawah Rt 11/ 05 Desa Cicadas Udin 60 thn dan warga masyarakat, “ Udin sangat berterima kasih kepada seluruh anggota Satgas Citarum Harum yang berada di Dansekto 15 juga Babinsa, babinmas yang sangat peduli terhadap warga dalam memberikan pelatihan dan pendidikan bagaimana cara bertenak ikan lele yang benar, terutama dalam membantu ketahanan pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat ”. papar Udin

Udin (60), yang sebelumnya beternak ikan lele hanya sekedar pembesaran saja, karena tidak mengerti dan paham ilmu terkait dengan bagaimna memilih bibit, pemijahan dan pembesaran, setelah adanya Satgas Citarun Harum dibawah Komandan Sekto 15, Kolonel Inf Opan Sopandi dan anggota lainnya yang sangat peduli terhadap warga dan lingkungan memberikan pelatihan dan pendidikan cara beternak ikan lele.

Baca Juga :  Kapolres Mendapat Kehormatan Menyerahkan Bantuan Sarana Ibadah

Sekarang  ternak lele sudah bertambah dan ilmu juga boleh dikatakan sudah mumpuni dan bisa menjadikan ternak lele nya sebagai mata pencaharian untuk menghidupi keluarga.

Udin sangat berterima kasih pada seluruh Personel Dansektot 15 Satgas Citarum Harum yang telah bemberikan ilmu yang bermanfaat terhadap dirinya juga warga yang berada dikampung Sawah Rt 11/05 Desa Cicadas. Ucap Udin(60). DH