Sektor 15; Penanaman Pohon Keras, Program Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum Secara Maksimal

Peristiwa Purwakarta

ZURITNEWS – Penanaman Pohon Keras dibeberapa titik yang ada di-kampung Norogtog RT 16 Rw 05 Desa Cilangkap Kecamatan Babakan Cikao Kabupaten Purwakarta.

Program percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan di Daerah Aliran Sungai Citarum secara maksimal dengan memberikan edukasi serta pemahaman akan pentingnya terhadap kebersihan lingkungan dan di aliran Sungai Citarum. Kamis 14 September 2022.

Sektor 15 TA 2022 Satgas Citarum Harum didampingi Dinas lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta ( DLH ) bersama warga masyarakat, selesai melakukan Sosialisasi Program Citarum Harum di-Aula Balai Masyarakat dilanjutkan dengan melaksanakan penanaman Pohon Keras dibeberapa titik.

Baca Juga :  RSUD Bayu Asih Berikan Perawatan ICU Khusus Anak /PICU, Bagi Dian.

Dansektor 15 Kolonel Inf Opan Sopandi melalui PasiOps Lettu Arm Pitono menjelaskan penanaman pohon keras ini dalam percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan di Daerah Aliran Sungai Citarum secara maksimal, mengembalikan DAS agar tetap terjaga apabila terjadinya air sungai meluap tidak terjadi erosi yang menyebabkan kerusakan pada bantaran bibir sungai, selain menjaga ekositem air tetap ada, juga sudah menjadi tugas Satgas Citarum Harum menghijaukan kembali  Daerah Aliran Sungai(DAS).

Sosialisasi penting nya menjaga lingkungan terus dijalankan bersama dengan Dinas terkait (DLH) juga aparatur Desa dan warga masyarakat yang berada disekitar daerah aliran sungai Citarum, dengan harapan timbul kepedulian terhadap lingkungan minimal tidak membuang sampah ke sungai. “ Buanglah sampah Pada tempatnya “ yang telah disediakan oleh pihak pemerintah Desa.

Baca Juga :  Bupati Anne ; Panitia Kurban & Jama'ah Iedul Adha Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Dalam percepatan penanganan dan penanggulangan pengembalian kebersihan di aliran sungai Citarum, akan pentingnya sinergi dan dukungan dari warga dan aparat setempat.

Tanpa dukungan dan bantuan dari semua pihak, menjadikan harapan kedepan daerah aliran sungan Citarum bisa lebih terjaga dan bersih, Sektor 15 tidak ada apa apanya, tetapi Sektor 15 bisa melakasanakan tugas sebagai Satgas Citarum Harum yaitu menjaga dan mengembalikan kembali sungai Ciatrum seperti semula karena bantuan dari semua pihak dan juga warga masyarakat. Tutur Pitono

Baca Juga :  Kemenag H.Tedi " Apresiasi Kinerja Polres Purwakarta Bersama TNI Dalam Merazia Miras Jelang Malam Idul Fitri 1440 H

Hadir dalam agenda Penanaman Pohon Keras ini, DLH Kabid Pengendalian dan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Agung Mutaqin dan rombongan staf  , Kepela Desa perwakilan oleh Sekdes  Ahmad, Babinmas, Babinsa, Tokoh pemuda  juga warga masyarakat.(DH)