15 MENIT ORANG TUA DIHARAPKAN BACAKAN BUKU UNTUK ANAK

Pemda
           

Pj. Bupati Purwakarta Minta Orangtua Luangkan waktu bacakan buku untuk anak

Purwakarta ZuritNews.Com – Penjabat Bupati Purwakarta, M. Taufiq meminta orangtua meluangkan waktunya minimal 15 menit dalam sehari untuk bertatap muka dengan anak-anak mereka. Waktu berkualitas itu, selain bertatap muka juga terpenting orangtua bisa membacakan sebuah buku yang cocok dengan bacaan seusia anak mereka.
Setelahnya membacakan buku, orangtua dapat menjelaskan maksud dari isi bacaan itu dikaitkan dengan pengalaman anak mereka dalam kehidupan dunia diluar keluarga yang mereka alami. Sehingga menurut Taufiq, sharing ilmu dalam buku dengan pengalaman hidup anak akan mengarahkan mereka pada penilaian mana sikap yang mesti dilakukan dan tidak mesti dilakukan.
Menurut Taufiq, kegiatan membacakan buku ini sangat penting, guna menangkal pengaruh informasi luar yang didapatkan anak yang bersumber terutama dari gadjet yang informasinya tak bisa dikontrol.
“Jadi penting, luangkan waktu mengamati anak, membacakan buku dihadapannya (anak). Orangtua faktor utama, terutama dikeluarga. Karenanya, tantangan kita sangat besar di era globalisasi dan digitalisasi ini, media sosial melalui gadjet sudah tak bisa dipisahkan dengan anak2 kita, makanya harus ada penangkalnya.”, kata Taufiq dalam sambutannya membuka Pencanangan Gerakan Nasional Membacakan Buku (Gernas Baku) yang dirangkai dengan kegiatan Literasi untuk Anak Negeri Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta yang digelar di Bale Paseban Pendopo Purwakarta, Minggu (06 mei 2018).
Terkecuali itu, Gerakan membacakan buku dihadapan anak, menurut Taufiq perlu disosialisasikan dengan maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat. Sarana untuk mendukung gerakan itu pun perlu dilengkapi.
“Mari kita gelorakan dan sosialisasikan gerakan yang baik ini (Gernas Baku) secara luas ditengah-tengah masyarakat. Pirantinya, buku-bukunya dan termasuk perpustakaan mini dan taman baca harus bisa dijangkau masyarakat hingga pedesaan.”, tukas Taufiq.
Sementara itu, Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayan kabupaten Purwakarta, Ahmad Arif menjelaskan kegiatan Literasi untuk Anak Negeri kali ini yang digelarnya merupakan bagian dari rangkaian acara Pencanangan Gerakan Nasional Membacakan Buku tingkat Kabupaten Purwakarta, yang merupakan inisiatif dari penjabat bupati purwakarta, M. Taufiq. Sehingga kegiatannya pada minggu pagi ini terpantau ramai dikunjungi masyarakat.
“Sangat meriah luar biasa, antusiasme masyarakat purwakarta sangat tinggi akan kebutuhan literasi. Terbukti dari berbagai stand buku yang kita sediakan padat dikunjungi warga. Ini inisiatif pak Pj. Bupati. Saya ucapkan terimakasih.”, jelas Arif.
Rangkaian acara Gerakan Nasional Membacakan Buku yang dipusatkan di lingkungan sekretariat daerah Taman Pancawarna dan taman Maya Datar purwakarta, diisi dengan berbagai stand pameran buku-buku dari Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Barat dan Purwakarta, serta diisi dengan musikalisasi puisi dari seniman purwakarta.(DAUP H).