Program Ketahanan Pangan, Satgas Citarum Harum Subsektor 1 Jatiluhur, Penataan Ekosistem DAS Citarum

Peristiwa Purwakarta

Purwakarta, Zurit News – Pangan adalah kebutuhan dasar bagi manusia untuk bertahan hidup dan memenuhi gizi, agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Sedangkan, ketahanan pangan adalah kemampuan seseorang untuk mendapatkan bahan pangan, serta tercukupi kebutuhan mutu, keamanan, dan terjangkaunya bahan pangan tersebut.  Oleh karena itu, setiap negara pasti berusaha meningkatkan ketahanan pangan termasuk Indonesia. Bahkan, pemerintah menjadikan ketahanan pangan dalam Agenda Pembangunan Nasional 2022-2024.

Setiap manusia bahkan setiap makhluk hidup pasti memiliki kebutuhan dasar, diantaranya  kebutuhan terhadap pangan.  Beragam cara manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan atas pangan baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung manusia dapat bercocok tanam, beternak serta menangkap ikan dan hasil laut lainnya.

Baca Juga :  Kecamatan Babakancikao Menyediakan Posko Mudik Lebaran

Secara tidak langsung dengan mencari akses terhadap kebutuhan pangan seperti pasar produk hasil pertanian (secara umum) untuk memenuhi kebutuhan dasar tersebut. Sedemikian pentingnya pangan bagi manusia diakui negara bahwa urusan pangan merupakan urusan wajib.  Ketahanan pangan suatu negara akan menjadi salah satu indikator dari kedaulatan Negara itu sendiri.

Dalam Rangka mendukung Program Ketahanan Pangan, Satgas Citarum Harum Subsektor 1 Jatiluhur, disela-sela kegiatan rutin dalam Penataan Ekosistem Das Citarum,memanfaatkan lahan Kosong yang ada disekitar Pos Pantau,untuk bercocok tanam dengan menanam sayuran Kangkung darat. Awalnya lahan ini merupakan Disposal pembuangan Eceng Gondok yang sudah membusuk dan menjadi Humus. Pada Awal bulan,hari ini Sabtu tanggal 1 April 2023,Anggota Sub Sektor 1 dipimpin langsung Dansub 1,Serka Iwan Ruswanda, melaksanakan kegiatan memanen Kangkung bersama dan membagikannya ke Warga yang tinggal di Sekitar Pos Pantau,tepatnya di Kampung Tanggul Kayat,Desa Kembang Kuning, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.Dengan harapan Warga Sekitar juga turut mendukung Program Ketahanan Pangan yang di Canangkan oleh Pemerintah.(Daup Herlambang)

Baca Juga :  Pengawasan Logistik Pengepakan Surat Suara Dilakukan Secara Ketat Menjelang Pemilu 2024