Pemerintah Daerah Tingkatkan Sosialisasi Proklim untuk Meningkatkan Ketahanan Lokal

Peristiwa Purwakarta

Pemerintah Daerah Tingkatkan Sosialisasi Proklim untuk Meningkatkan Ketahanan Lokal

Purwakarta Zuritnews – Pemerintah Daerah gencar memperkuat upaya Sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan energi di tingkat lokal. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap tantangan perubahan iklim yang semakin dirasakan dampaknya.
Sosialisasi Proklim bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai adaptasi perubahan iklim dan praktik pertanian berkelanjutan. Selasa 30 Januari 2024.

Bertempat di Aula Gedung BJB Purwakarta acara sosialisasi Proklim dihadiri oleh, DLH Profinsi, OPD, Kepala Desa, Pengusaha, Perusahaan, Tim Pembina, tokoh Masyarakat, Bank Sampah, Penggiat Lingkungan. Dalam sambutannya, Kadis Lingkungan Hidup Deden Guntari melaui Kabid Tata Lingkungan Mukti Rosadi ST  menyampaikan komitmen kuat untuk memperkuat ketahanan lokal melalui implementasi Proklim.

Baca Juga :  Kejaksaan Nereri Purwakarta Melakukan Pemusnahan Barang Bukti Rokok Ilegal Tanpa Cukai

Salah satu fokus utama dalam sosialisasi ini adalah memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang adaptasi perubahan iklim dan praktik pertanian berkelanjutan. Materi-materi edukatif disampaikan oleh ahli agronomi dan pakar lingkungan, memberikan pandangan holistik bagi para peserta.

Pemerintah Daerah juga memberikan dukungan langsung kepada petani dengan menyediakan bantuan teknis dan peralatan modern yang dapat meningkatkan produktivitas tanaman. Ini sejalan dengan upaya untuk memperkenalkan metode pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Acara sosialisasi ini bukan hanya sekadar forum untuk pengetahuan, tetapi juga menjadi wadah untuk membangun komunitas yang peduli terhadap lingkungan dan keberlanjutan. Para peserta diajak untuk saling berbagi pengalaman dan menciptakan sinergi dalam menjalankan Proklim di wilayah masing-masing.

Baca Juga :  Merdeka! Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat

Dengan langkah-langkah ini, Pemerintah Daerah optimis bahwa peningkatan kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam Proklim akan membawa dampak positif bagi ketahanan pangan dan energi lokal. Program ini diharapkan dapat menjadi model yang inspiratif bagi daerah lain dalam menghadapi perubahan iklim dan membangun masa depan yang berkelanjutan. Tegas Kabid Mukti Rosadi ST.( Daup Herlambang)