Sektor 15 Sosialisasikan Program Citarum Harum, Upayakan Keberlanjutan Membangun Sungai Sehingga Kelestarian Dapat Terwujud

Peristiwa Purwakarta

Zuritnews.com – Sosialisasi Program Citarum Harum Sektor 15 Tahun Anggaran 2021, bersama  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang, warga masyarakat Kampung Onco Dusun Udug Udug  Desa Mulya Sejati Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang.

Padepokan Ampel Koneng yang berada di pinggir aliran sungai Citarum dijadikan lokasi Sosialisasi Program Citarum Harum dengan warga masyarakat  di RT 08/04 Desa Mulya Sejati. Sabtu 30/10.

Dansektor 15, Kolonel inf Opan sopandi sedang memberikan sambutan dan pemaparan
perlunya kebersihan daerah aliran sungai Citarum
dalam percepatan pengembalian sungai

Acara di buka langsung oleh Komandan Sektor 15, Kolonel Inf Opan Sopandi menjelaskan, Satgas Citarum Harum perlu adanya dukungan dan kesinambungan antara aparat Desa Juga warga dalam percepatan penanganan dan penanggulangan pengembalian  Daerah Aliran Sungai Citarum dengan memberikan edukasi juga pemahaman, akan kebersihan sungai Citarum.

Sosialisasi kali ini hadir Dinas Lingkungan Hidup  Kabupaten Karawang Jawa Barat, yaitu salah satu bentuk sangat penting adanya edukasi kedepan bagi warga sekitar Das, dengan pemahaman warga masyarakat terhadap kebersihan lingkungan untuk mejaga kelangsungan hidup ekosistem dan biota air.

Baca Juga :  HUT RI Ke 77 Purwakarta Gelar Semarak Karnaval Mobil Hias di - Purwakarta

Selain itu juga, DanSektor 15 Kolonel Inf Opan Sopandi menegaskan dalam acara Sosialisasi Program Citarum Harum Tahun Anggaran 2021, percepatan penanganan dan penanggulangan dalam pengembalian kebersihan di aliran sungan citarum, akan pentingnya dukungan dari warga dan aparan setempat.

Sungai Citarum secara bertahap sudah lebih baik yang kita upayakan keberlanjutan membangun sungai ini sehingga kelestariannya dapat terwujud, Citarum adalah cerminan perilaku kita, Citarum bersih diri dan hati kita juga bersih. Tutur DanSektor 15.

Dalam acara Sosislisasi Program Citarum Harun tahun 2021 Proklim DLH Karawang Usep Saepul Mikdar menyampaikan Citarum harum harus kita harumkan dengan keterlibatan semua masyarakat, Citarum harum  bukan tanggung jawab orang perorang tapi kita semua, “ Mari sama sama menjaga Ciatrum harum agar tetap harum sehingga bisa diwariskan kepada anak cucu kita, kita jaga alam alam jaga kita “.

Baca Juga :  Realisasikan Dana Desa Tahap 1 Desa Cilegong untuk Pembangunan POS YANDU MELATI Yang Berada di - RW 04

Usep menghimbau terhadap agar warga masyarakat jengan membuang sampah sembarangan, dengan cara merubah prilaku secara  pelan pelan dan pendekatan terhadap masyarakat, sebetulnya sampah itu ada nilai ekonomisnya dengan memilah sampah tersebut. Sampah organic bisa dijadikan kompos dan sampah an organik bisa kita jual. Jadi sebetulnya sampah kalau di olah ada nilai ekonomi.

Adanya Sosialisasi Program Citarum Harum Sektor 15 pihak pemerintah atau DLH sangat mendukung sekali, terutama disini melibatkan semua unsur dan elemen, baik dari TNI, Polri, Warga, Desa Dan Pemerintah setempat. Ucap Usep.

Warga masyarakat Desa Mulya Sejati

Kades Mulya Sejati, Jumadi Gojali sangat mendukung sekali adanya sosialisasi program Citarum Harum oleh Sektor 15 ini, pentingnya aliran sungan Citarum ini tetap bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan dan perlu masyarakat jaga agar kelestarian  ekosistem dan biota air tetap terjaga, mari bersama sama warga masyarakat Desa Mulya Sejati menjaga lingkungan, Tegas Kades  Jumadi.

Baca Juga :  Kegiatan KOPI MANIS Berkeliling, Mencerdaskan Masyarakat Aspek Hukum

Hadir dalam acara, Dan sektor 15 Kolonel Inf Opan sopandi, Pasi Ops Satgas Citarum Harum Lettu Arm Pitono dan Jajaran, Danramil Teluk Jambe, Kades Mulya Sejati dan Sekdes, DLH, Babinsa, Babinmas, Tokoh Warga Tokoh Agama, Pemuda, RT/RW , Dusun, Warga Masyarakat.(DH).