Banprop 2020 Desa Parakan Lima, Realisasikan Pembangunan Bronjong & Pengalihan/Meluruskan Aliran Air Kali Cikao.

Desa Purwakarta

Purwakarta,Zuritnews – Dana Bantuan Propinsi Desa Parakan Lima Kecamatan Jatiluhur sebesar 130 Jt, dipergunakan untuk , Pembangunan Pengerasan Jalan Desa dan Pembangunan Jalan Longsor ditambah untuk Kinerja Aparat Desa  beserta Pembinaan 8 Pos Yandu, Pokja Posyandu .Kamis 30/7.

Banprop tahun anggaran 2020 Desa Parakan Lima sebesar 130 Jt dengan rincian dan Peruntukan, Kinerja Aparatur Desa 15 Jt dan Pembinaan 8 Posyandu 14 Jt + Pokja Pos Yandu 1 Jt, Sapa Warga 3.600.000 selebihnya diperuntukan Insprastruktur 96.400.000. Jt dan itu belum dipotong pajak keseluruhan.

Kepala Desa  Parakan Lima Jaya Permana menjelaskan, Dana banprop tahun 2020 ini, Selain diperuntukan untuk Pembanguanan dan Pengerasan jalan  juga diperuntukan untuk pembanguanan jalan longsor dengan mengunakan Bronjong yang berada di Kampung Bagja Rt 17- 18 Rw 06- 07.

Baca Juga :  Calon Legislatif Laporkan Dugaan Kecurangan Pencoblosan ke BAWASLU

Bronjong dipasang menggunakan batu belah dengan system 3 Trap setiap ukuran trap 1M tinggi, dan panjang 30 M kesamping kiri dan kanan, keberadaan bronjong persis dipinggir kali Cikao dan jalan lingkungan  dengan tujuan membentengi/menahan terjadinya longsor, apabila adanya kikisan Air dari Kali cikao apabila datang hujan besar.

Prioritas pembangunan bronjong agar jalan sebelumnya bisa bertahan yang telah dibangun, adanya tambahan pembangunan pengalihan aliran air Kali Cikao yang sebelumnya persis berada dibibir jalan yang hampir rusak, agar tidak terkikis air apabila datang hujan.

Baca Juga :  LAUNCHING SI HIBO Pemkab Purwakarta Oftimalkan Pengelolaan Hibah Dan Bansos.
Pengerjaan meluruskan Aliran Kali Cikao dengan menggunakan Alat berat.

Pengalihan Aliran Air sungai Cikao diluruskan agar aliran air apabila musim hujan tiba menjadi lancar dan tidak ada kehawatiran terjadi longsor yang akan mengakibatkan, bisa menghancurkan jalan juga Rumah penduduk/ mushola disekitarnya.

Hai ini dihawatirkan apabila terjadi musim hujan datang bisa terjadinya korban selain harta benda juga jiwa, tampa merubah keberadaan Kali Cikao tetapi meluruskan agar aliran air bisa lancar, dibikin tanggulah dengan mengangkat/ menggesarkan material didalam kali untuk dijadikan tanggul sebelah kiri dan kanan agar air tidak menyebar kemana mana tetap berada di kali.  

Baca Juga :  Caleg DPRD Demokrat Dapil 1 Dulnasir Nomor Urut 1 Mengawal Turnamen  Bulu Tangkis Amarta Cup 1 di Perum Panorama
Kali Cikao setelah dikerjakan dan diluruskan serta dibikin tanggul disisi kiri dan kanan menggunakan material bebatuan yang ada di kali itu sendiri.

Kegiatan pembangunan yang berada di Desa Parakan Lima dan meluruskan aliran air kali Cikao telah menempuh kesepakatan, Tokoh Masyarakat, Pemuda, Bamusdes, Aparat Desa.

Pekerja menggunakan tenaga kerja dari warga Desa Pararakan Lima asli sesuai dengan bidangnya masing – masing.  Pungkas Jaya Permana.(DH). Pungkas Jaya Permana.(DH).